Ramadan

Ketua MUI Sulut : Ramadhan Perkokoh Kerukunan Sulut

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gofur berharap momen Ramadhan akan mengukuhkan kerukunan antar umat beragama di Sulut.

Ketua MUI Sulut : Ramadhan Perkokoh Kerukunan Sulut
Tribunmanado/Arthur_Rompis
Pemantauan Hilal Awal Ramadhan 

TRIBUN MANADO.CO.ID - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gofur berharap momen Ramadhan akan mengukuhkan kerukunan antar umat beragama di Sulut.

"Mari kita saling menghormati, hormati umat Muslim yang menjalankan puasa, sebaliknya umat Muslim
hormati umat lainnya yang tidak sedang  berpuasa," kata dia.

Kepala kantor wilayah Kementerian agama Provinsi Sulut Abdul Rasyid berharap, semangat kerukunan antar umat beragama di Sulut akan terjaga di bulan ramadhan.

"Marilah kita perlihatkan semangat toleransi di bulan Ramadhan, agar siapapun yang datang, baik wisatawan maupun pengunjung biasa dapat merasakan kedamaian dan kenyamanan selama berada di Manado," kata dia. 

Sementara itu, dilansir dari Kompas.com, Kementerian Agama telah mengumumkan bahwa awal Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019. Kepastian itu diambil setelah ahli hisab dan perwakilan dari 9 daerah di Indonesia melaporkan pemantauan hilal.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, peserta sidang isbat mendapatkan pemaparan ahli hisab yang menyatakan bahwa hilal tampak posisi 4 derajat 30 menit 59 detik dan 5 derajat 42 menit 59 detik.

"Informasi hisab dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas kami di 102 titik. Setidaknya ada 9 petugas rukyat yang menyaksikan, telah menyampaikan testimoni di bawah sumpah," ujar Lukman dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Beberapa pemantau rukyat yang melaporkan pemantauan hilal berada di Bangkalan, Gresik, Lamongan, Makassar, Brebes dan Sukabumi.

Menurut Lukman, seluruh peserta sidang isbat secara mufakat setuju bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Sidang diikuti oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan ormas Islam, ahli ilmu astronomi, perwakilan lembaga negara, DPR RI, duta besar dan perwakilan luar negeri. (Tribun Manado: Arthur Rompis/Kompas.com:Abba Gabrilli)

Penulis: Reporter Online
Editor: Rizali Posumah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved