Pengungsi di Turki

Erdogan: Eropa Bisa Hidup Tenteram dan Damai, Itu Karena Turki Menampung 4 Juta Pengungsi

Berkenaan dengan hal tersebut, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoganmenyatakan bahwa Eropa tidak akan bisa menikmati hidup aman dan damai jika negaranya

Erdogan: Eropa Bisa Hidup Tenteram dan Damai, Itu Karena Turki Menampung 4 Juta Pengungsi
reuters
Tayyip Erdogan 1 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Saat ini, Turki mengklaim telah menampung sekitar 4 juta pengungsi.

Berkenaan dengan hal tersebut, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoganmenyatakan bahwa Eropa tidak akan bisa menikmati hidup aman dan damai jika negaranya tak berinisiatif menampung jutaan pengungsi.

Kepada Anadolu via Russian Today Sabtu (4/5/2019), Erdogan menyatakan, "Jika negara-negara Eropa bisa hidup tenteram dan damai, itu karena Turkimenampung 4 juta pengungsi."

Uni Eropa (UE) sepakat membayar Turki 3 miliar euro, sekitar Rp 47,7 triliun, sebagai ganti menampung pengungsi dan mencegah mereka untuk memasuki Benua Biru pada 2015.

Setahun berselang, kesepakatan formal dijalin antara Turki dengan UE di mana migran ilegal yang mendarat di pantai Eropa bakal dikembalikan ke Turki.

Sebagai gantinya, Brussels berjanji bakal mempercepat pembahasan penawaran Turki bergabung dengan blok itu. Sebagai bagian perjanjian, Turki meminta tambahan dana 3 miliar euro untuk menangani krisis kemanusiaan.

Baik UE maupun Turki sama-sama mempunyai penafsiran berapa jumlah pengungsi yang ditampung Turki dan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk menangani mereka.

Sebagai contohnya, pada 2018 lalu UE mengklaim Turki menampung kurang dari 2 juta pengungsi.

Sementara Ankara bersikukuh jumlahnya mencapai empat juta.

Meski Turki sudah berusaha sebaik mungkin menampung pengungsi, Eropa dalam beberapa tahun terakhir diguncang serangan teror, dengan si teroris menyamar sebagai pengungsi.

Sementara Turki dan Uni Eropa bersitegang mengenai sejumlah isu seperti perjalanan bebas visa ke kebebasan pers, beberapa negara Eropa mulai menyatakan terima kasih.

"Keamanan Eropa mulai hari ini dimulai di Turki," kata Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto dalam konferensi pers gabungan bersama Menlu Turki Mevlut Cavusoglu.

Lebih dari 1 juta migran dilaporkan tumpah ke Eropa pada 2015.

Meski jumlahnya mulai berkurang, krisis itu membuat sekat dengan kelompok sayap kanan yang dikenal anti-migran. (Kompas.com/Ardi Priyatno Utomo)

Baca: Sambut Bulan Suci, Berikut Daftar Lagu Ramadan yang Bisa Kamu Masukkan Dalam Playlist-mu

Baca: Singkirkan Persib Bandung, Mario Gomez: Banyak Bobotoh Menanyakan Kenapa Saya Pergi

Baca: Cuci Rambut dan Mandi di Pantai, Ini Tradisi Warga Sebelum Ramadhan

Baca: Cerita Bahagia Syahrini Berada di Bulan Ramadhan: Sahur dan Buka Puasa Bareng Suami

Baca: Live Streaming MotoGP Spanyol 2019 - Andrea Dovizioso Percaya Diri Hadapi Marc Marquez di Jerez

TAUTAN: https://internasional.kompas.com/read/2019/05/04/17293851/erdogan-jika-turki-tak-tampung-jutaan-pengungsi-eropa-tak-bakal-hidup

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved