BREAKING NEWS: Kemenag Tetapkan Awal Ramadhan 1440 Hijriah Jatuh pada Senin 6 Mei 2019

Kementerian Agama mengumumkan bahwa awal Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

antara
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Abdullah Zaidi dan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin bersiap menyampaikan keputusan sidang Isbat 1439 Hijriah di Jakarta, Selasa (15/5/2018). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Baca selengkapnya di Tirto.id dengan judul "Daftar Lokasi Rukyatul Hilal untuk Sidang Isbat Awal Ramadan 2019", https://tirto.id/daftar-lokasi-rukyatul-hilal-untuk-sidang-isbat-awal-ramadan-2019-dnyp. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Agama mengumumkan bahwa awal Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019. Dengan demikian, awal ibadah puasa dimulai pada Senin, besok.

"Dengan dua hal, posisi hilal dan mendengar kesaksian rukyat, seluruh peserta sidang dengan sepakat dan mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari Senin 6 Mei 2019," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Keputusan ini sesuai hasil sidang isbat yang digelar pada pukul 17.00 WIB, di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama.

Sidang diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan oleh Tim Falakiyah Sidang Isbat Kementerian Agama.

Setelah pemaparan, usai ibadah shalat Maghrib, masing-masing perwakilan Kemenag yang tersebar di 102 titik melaporkan hasil data hisab dan pantauan rukyatul hilal yang telah dilakukan di seluruh Indonesia.

Sidang isbat melibatkan unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat. Sidang digelar secara tertutup.

Baca: Paultje Sundah Peraih Suara Terbanyak Golkar di DPRD Minut, Kans Pimpinan Dewan

Baca: Jokowi-Maruf Menang Suara di Kampung Halaman Ahok dan Yusril Ihza Mahendra

Baca: Ramadhan 1440 Hijriah, Banyak Anak Rantau yanh Tak Bisa Pulang Kampung

Baca: BREAKING NEWS, PBNU Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Malam Ini

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kemenag: Awal Ramadhan 1440 Hijriah Jatuh pada Senin 6 Mei 2019 

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved