Video

(VIDEO) Sambut Ramadan, Warga Mandi dan Keramas Massal di Sungai Cisadane Tangerang

Acara yang dikenal sebagai Keramas Merang tersebut diikuti meriah dan ceria dari berbagai kalangan anak-anak hingga dewasa.

(VIDEO) Sambut Ramadan, Warga Mandi dan Keramas Massal di Sungai Cisadane Tangerang

TRIBUNMANADO.CO.ID - Warga Kota Tangerang mempunyai cara yang unik dalam menyambut bulan suci Ramadan 1440 H.

Seperti yang dilaksanakan warga Kampung Babakan, Kota Tangerang, menggelar ritual tahunan yaitu mandi dan keramasan massal di pinggir Sungai Cisadane pada Sabtu (04/05/2019).

Menurut warga sekitar, acara yang rutin dilaksanakan tiap tahun sebelum masuk bulan suci Ramadan tersebut sudah berjalan sekira 20 tahun lamanya sejak 1990.

Dari pantauan langsung di lokasi, acara yang dikenal sebagai Keramas Merang tersebut diikuti meriah dan ceria dari berbagai kalangan anak-anak hingga dewasa.

Tampak, tua muda warga Babakan keramas menggunakan air Sungai Cisadane bersama-sama bahkan, sebagian remaja menceburkan diri di Sungai Cisadane sambil berenang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, tradisi keramasan ini merupakan acara yang tiap tahun diadakan untuk menjaga budaya Kota Tangerang agar tidak punah.

"Tradisi keramas ini dilakukan oleh warga Babakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Ini juga merupakan budaya masyarakat lokal. Saya terimakasih kepada para tokoh untuk memperkenalkan tradisi ini kepada anak-anaknya agar budaya ini tidak punah," jelas Arief di pinggir Sungai Cisadane, Sabtu (4/5/2019).

Lanjutnya, selain menjaga agar budaya Keramas Merang tidak punah, acara tahunan tersebut juga untuk menjaga tali silaturahmi antar warga Tangerang.

"Ritual ini itu tidak hanya dimaksudkan untuk membersihkan badan dan mempererat tali silaturahmi, tetapi juga disimbolkan untuk membersihkan hati," sambungnya.

Halaman
123
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved