Petani dan Babinsa Kompak Membajak Ladang Secara Tradisional

Aktivitas membajak ladang sudah sejak dahulu dilakukan petani sebelum ditanami jagung atau padi.

Petani dan Babinsa Kompak Membajak Ladang Secara Tradisional
IST/Babinsa Lolan Dua dari Koramil 1303-09/Bolaang
Petani dan Babinsa Kompak Membajak Ladang Secara Tradisional 

Petani dan Babinsa Kompak Membajak Ladang Secara Tradisional 

TRIBUNMANADO.CO.ID,LOLAK– Aktivitas membajak ladang sudah sejak dahulu dilakukan petani sebelum ditanami jagung atau padi.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Lolan Dua dari Koramil 1303-09/Bolaang Sertu Muhadan membantu petani bajak ladang untuk penyiapan lahan tanaman jagung yang berada di Desa Lolan Dua Kecamatan Bolaang Timur Kabupaten Bolmong, Sabtu (04/05/2019).

Seperti yang diketahui, bahwa sejak zaman dahulu Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yang masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai petani. Baik sebagai petani sawah maupun sebagai petani ladang. Untuk petani sawah, para petani memanfaatkan tenaga sapi atau kerbau untuk membajak sawah.

Baca: Tiga Menteri Jokowi Terjerat Korupsi, Moeldoko: Presiden Tidak Mau Intervensi Tentang Itu

Walaupun kemajuan teknologi modern seperti traktor atau jenis motor pembajak sawah lainnya sudah ada namun masih terbatas, Babinsa dan petani di Desa Lolan Dua ini antusias dan semangat menggunakan sapi untuk membajak sawahnya.

Di persawahan tersebut, Babinsa dan petani tampak semangat bergantian membajak sawah milik Bapak Aladin Gobel dengan luas lahan 1 hektar yang rencananya akan ditanami jagung Bisi-18.

Sementara itu menurut Plh Komandan Rayon Militer (Danramil) 1303-09/Bolaang Pelda Lefran Lomboan mengatakan, kemanunggalan TNI-Rakyat dalam menjalankan program pemerintah tentang swasembada pangan, mempunyai nilai jual tersendiri.

"Kegiatan tersebut sekaligus sebagai pembelajaran bagi anggota TNI, dalam melakukan pendampingan terhadap gabungan kelompok tani (Gapoktan). Serta bisa mempererat tali silaturahmi antara TNI dan masyarakat, sehingga jika terjadi sesuatu di desa warga bisa langsung berkoordinasi dengan Babinsa,” tuturnya.

Baca: Viral Video Pendeta Khotbah ABG-ABG yang Sedang Miras, Disuruh Nyanyi Lagu Rohani, Perekam: Ya Tuhan

Sedangkan Bapak Aladin Gobel merasa sangat senang dengan kegiatan yang terlaksana di bawah binaan Babinsa. Kegiatan ini di samping mensukseskan program pemerintah dalam hal ketahanan pangan, juga menambah pengetahuan perorangan. (Kel)

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved