Negeri Jiran

Keungan Negara Menipis, PM Malaysia Suruh Rakyatnya Tanam Padi dan Jangan Malas Bekerja

Utang yang menggunung membuat negeri yang dulu mengklaim sebagai Macan Asia itu mau tak mau harus ekstra kikir karena keuangan negara amat cekak.

Keungan Negara Menipis, PM Malaysia Suruh Rakyatnya Tanam Padi dan Jangan Malas Bekerja
Kompas.com
Mahathir Mohamad 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Semakin teruk saja keadaan negara Malaysia belakangan ini.

Utang yang menggunung membuat negeri yang dulu mengklaim sebagai Macan Asia itu mau tak mau harus ekstra kikir karena keuangan negara amat cekak.

Yang pusing setengah mati tentu Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad menghadapi situasi negaranya kini.

Kepemimpinannya yang sudah dirongrong Najib Razak beserta antek-anteknya ditambahi bingung cara bayar utang menjadi prioritas utama Mahathir untuk diselesaikan.

Mengutip utusan.com.my, Sabtu (4/5/2019) untuk menghadapi situasi-situasi ini mau tak mau Mahathir harus juga mempekerjakan rakyatnya bersama-sama meringankan beban negara.

Mahathir risau akan keadaan rakyat Malaysia yang senang berpangku tangan sehingga sendi-sendi perekonomian negara dikuasai oleh tenaga kerja asing termasuk dari Indonesia.

"Tanpa izin saya berani mendakwa kita malas. Kita lebih suka serah kerja kepada orang lain. Hari ini kita dapati ramai orang asing datang bekerja di negara kita. Kenapa? Kerana kita tidak sanggup bekerja." beber Mahathir pada tahun lalu.

Karena rakyatnya dianggap bebal, kini Mahathir kembali mengeluarkan statement yang mungkin membuat sebagian rakyat Malaysia meradang.

Karena keungan negara sudah amat tipis maka ketersediaan bahan pangan juga harus diirit.

Mahathir menyuruh rakyatnya menanam padi pada malam hari usai bekerja pada siangnya.

"Kita sedang fikir sama ada kita boleh alih waktu kerja daripada siang hari kepada malam. Memanglah gelap, tapi orang kaya boleh main golf waktu malam, mungkin kita boleh tanam padi waktu malam sebab siang panas. Ini boleh kurangkan tekanan (pada bahan pangan)," tutur Mahathir.

Sebagian rakyat Malaysia sampai terheran-heran dengan perkataan Mahathir ini.

Namun mereka harus segera sadar bahwa dulu di masa jayanya Malaysiasering sekali impor beras karena masih ada uang, sekarang dana tak ada dan mereka harus berupaya mencukupi kebutuhan pangan sendiri.

"Di sesetengah negara bila datang bulan puasa, mereka tidur siang dan malam bekerja.Jadi ia bukan sesuatu luar biasa.Sekarang ada lampu LED, tidak guna elektrik yang banyak.Ini antara langkah kerajaan yang sedang berusaha wujudkan banyak pekerjaan," kata Mahathir ketika berpidato di majlis Jamuan Makan Malam Tautan Muhibbah Parlimen Segambut 2019 Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) siang tadi. (Seto Aji/Gridhot.ID)

Baca: Evaluasi Pemilu Legislatif 2019, Zulkifli Hasan Kumpulkan Pasukan PAN

Baca: Bersiap Menggelar KLB, Anggota Exco PSSI Ungkap Penyaringan Komite Pemilihan Dilakukan Pekan Depan

Baca: Bersantap di Sintesa Peninsula Manado Hotel, Tuna Wokunya Bikin Ketagihan

Baca: Ratusan Orang Anggota KPPS Meninggal, Effendi Ghazali Katakan DPR Jangan Lepas Tangan

Baca: Ratusan Orang Anggota KPPS Meninggal, Effendi Ghazali Katakan DPR Jangan Lepas Tangan

TAUTAN: https://hot.grid.id/read/181715929/negara-mau-bangkrut-biar-nggak-kekurangan-pangan-pm-mahathir-mohamad-suruh-rakyat-malaysia-tanam-padi?page=all

Editor: Rizali Posumah
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved