Tentara India Klaim Temukan Jejak 'Yeti' Makhluk Buas Mitologi, Ini Tanggapan Militer Nepal

Pasukan India mengunggah foto di Twitter yang diambil dekat perbatasan Nepal dan China pada Senin malam waktu setempat

Tentara India Klaim Temukan Jejak 'Yeti' Makhluk Buas Mitologi, Ini Tanggapan Militer Nepal
twitter
Tentara India Klaim Temukan Jejak 'Manusia Salju yang Keji' 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pasukan India mengunggah foto di Twitter yang diambil dekat perbatasan Nepal dan China pada Senin malam waktu setempat (29/4/2019) yang menunjukkan "jejak Yeti".

Yeti atau "Manusia Salju yang Keji" digambarkan sebagai makhluk mirip kera yang lebih tinggi dari manusia, dan hidup di Himalaya, Siberia, hingga Asia Tengah.

Militer Nepal pun langsung angkat bicara setelah militer India melontarkan klaim mereka telah menemukan jejak kaki makhluk mitologis Yetidi Pegunungan Himalaya.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Nepal Bigyan Dev Pandey dikutip AFP Jumat (3/5/2019) menyatakan begitu mendengar klaim itu, perwira penghubung langsung menuju lokasi.

Namun saat mereka sudah di tempat yang disebutkan India, Pandey menjelaskan tanda yang muncul di lokasi sudah lenyap. Dia pun mengeluarkan bantahan.

Berdasarkan keterangan lokal, Pandey mengatakan kemungkinan besarberuang merupakan pelaku utamanya. Dan jejak kaki seperti itu dikabarkan sudah sering terlihat.

"Menurut pengakuan penduduk setempat disertai dengan pernyataan petugas kami di sana, jejak itu sudah sering terlihat dan dibuat beruang liar," kata Pandey.


Komentar Pandey mirip dengan keterangan pakar alam liar yang menuturkan bahwa jejak yang dilihat pasukan India adalah jejak beruang terkena sinar matahari dan angin.

Hasil forensik yang diperoleh dari sampel sebelumnya menunjukkan klaim itu berasal dari beruang prasejarah, atau konon jas gorila dari bahan karet.

Militer India mengungkapkan jejak kaki itu berukuran 81 sentimeter dan ditemukan oleh tim mereka pada 9 April di Kamp Pusat Makalu yang berada di Nepal.

"Untuk pertama kalinya, Tim Pendaki Pasukan India menemukan Jejak Kaki Misterius dari makhluk buas mitologi, Yeti," demikian keterangan pasukan India di Twitter.

Terakhir kali jejak kaki itu tercatat merujuk kepada keterangan penjelajah Inggris bernama Eric Shipton di kawasan barat Gunung Everest 1951 silam.

KLIK TAUTAN AWAL KOMPAS.COM

Follow juga akun instagram tribunmanado

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube tribunmanadoTV

Editor: Aldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved