Satu Ton Rendang akan Dikirim Pemprov Sumbar untuk Korban Banjir Bengkulu

Bantuan berupa rendang ini juga pernah dilakukan Sumbar untuk korban gempa Aceh, gempa dan tsunami Sulawesi Tengah

Rendang 

TRIBUMANADO.CO.ID, SUMBAR - Untuk membantu korban banjir di Bengkulu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) akan menyalurkan bantuan 1 ton rendang (daging olahan khas Sumbar).

Makanan khas Sumbar itu akan diangkut melalui jalur darat dari Kota Padang, pada hari Jumat (3/5/2019) ini dan kemudian Sabtu (4/5/2019) baru dibagikan langsung kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, pihaknya sudah mengimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat Sumbar untuk mengumpulkan rendang ini.

Pengumpulan telah dilakukan sejak beberapa hari belakangan dengan lokasi pengumpulan di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar di Jalan Sudirman, Padang. Menurut Irwan, bantuan rendang menjadi ciri khas dari masyarakat Sumbar untuk korban bencana.

"Bantuan berupa rendang ini juga pernah dilakukan Sumbar untuk korban gempa Aceh, gempa dan tsunami Sulawesi Tengah, gempa NTB dan tsunami Selat Sunda di Lampung dan Banten," ujar Irwan, kepada Kompas.com.

Sebelumnya, Pemprov Bengkulu menaikan status tanggap darurat akibat banjir dan longsor yang melanda daerah itu selama tujuh hari terhitung sejak Sabtu 27 April 2019 hingga Sabtu 4 Mei 2019.

Sembilan daerah yang menaikkan status tanggap darurat yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong dan Kabupaten Bengkulu Utara. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov Sumbar Salurkan 1 Ton Rendang untuk Korban Banjir Bengkulu", https://regional.kompas.com/read/2019/05/03/14093271/pemprov-sumbar-salurkan-1-ton-rendang-untuk-korban-banjir-bengkulu.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved