Saksi 02 Nilai Ada Kesalahan Administrasi

Sampai kini di bumi Porodisa belum kami temukan adanya kecuranganan, proses plenonya berlangsung terbuka dan transparan

Saksi 02 Nilai Ada Kesalahan Administrasi
IST/humas polres Talaud
Pengamanan Pleno di KPU Talaud 

Saksi 02 Nilai Ada Kesalahan Administrasi

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Saksi dari peserta pemilihan umum (pemilu) pemilihan presiden dan wakil presiden yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyatakan belum ada temuan kecurangan dalam tahapan pemilu sejak di pemungutan dan penghitungan 17 April 2019 hingga pelaksanaan rapat pleno penghitungan tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Sampai kini di bumi Porodisa belum kami temukan adanya kecuranganan, proses plenonya berlangsung terbuka dan transparan," kata Dolvis Lapulalang saksi pasangan capres cawapres nomor urut 1 Jokowi-Amin, Jumat (3/5/2019).

Baca: Prajurit AS Asli Ponorogo Emosional Kembali ke Indonesia

Saat ini lanjut Dolvis yang juga kader PDI Perjuangan partai yang mengusung calon presiden incambent tersebut menambahkan, proses penghitungan tengah berlanjut dan berlangsung di tingkat kabupaten Kepulauan Talaud. Sejauh dia mengikuti dan mengambil bagian didalamnya belum ada kendala masih berjalan dengan baik.

Talenggoran saksi pasangan capres cawapres nomor 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno juga masih sependapat dengan Dolvis, bahwa rapat pleno penghitungan masih berjalan lancar.

"Para penyelenggara KPU dan Bawaslu sudah melakukan penanganan sesuai aturan yang berlaku," kata Talenggoran.

Pihaknya berharap para penyelenggara yang tengah melaksanakan tahapan lanjutan di tingkat kabupaten, dalam penerapan aturan berlaku adil bagi semua partai politik.

Dia juga menambahkan, untuk kecurangan secara sistematik tidak ditemukan namun hanya sebatas masalah administrasi, kesalahan yang dilakukan oleh penyelenggara ditingkat bawah dikarenakan human error atau kecapean.

"KPU telah melakukan pembetulan bersama dengan partai politik sehingga bisa dipastikan data yang dimiliki KPU dan Bawaslu serta parpol harus valid dan sama," tandasnya.

Baca: Bara Hasibuan Lawan Pernyataan Amien Rais, Tegaskan PAN Tak Ikut Gerakan People Power

Ditempat tersonil Polres Talaud besama Kodim 1312 Talaud kawal rapat pleno lanjutan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, di Aula KPU Kepulauan Talaud, Selasa (1/5/2019).

"Sebanyak 44 Personil Satgas OMB 2019 Polres Kepulauan Talaud kami terjunkan untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan rapat Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud," ujar Kapolres Talaud AKBP Prasetya Sejati.

Personil TNI Polri disiagakan di depan pintu masuk KPUD Talaud dan lokasi pelaksanaan rapat Pleno.(crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved