MUI Sulut dan Pengamat Hukum Bicara Tentang Pleno Penghitungan di PPK. Apa Itu?

Dengan selesainya satu tahapan penting dalam sebuah pesta demokrasi ini, mendapat apresiasi dari Majelis Ulama Indonesia (MuI) Sulut.

MUI Sulut dan Pengamat Hukum Bicara Tentang Pleno Penghitungan di PPK. Apa Itu?
IST
ketua MUI Sulut KH Abdul Wahab Abdul Gafur 

MUI Sulut dan Pengamat Hukum Bicara Tentang Pleno Penghitungan di PPK. Apa Itu?

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Tahapan pemilihan umum (Pemilu) serentak pilpres dan pileg 2019 telah menyelesaikan tahapan pleno penghitungan tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK), diseluruh kantor Kecamatan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dengan selesainya satu tahapan penting dalam sebuah pesta demokrasi ini, mendapat apresiasi dari Majelis Ulama Indonesia (MuI) Sulut.

"Sampai saat ini di Sulut sudah berjalan dengan baik, jujur, adil, transparan dan demokratis. Oleh karena itu tidak ada masalah. Kami Tokoh Agama mengamati seluruh kegiatan di KPU. Alhamdulillah Sulut aman, tenteram dan damai," kata ketua MUI Sulut KH Abd Wahab Abd Gafur LC melalui pesan tertulis yang diterima awak media di Mapolda Sulut, Jumat (3/5/2019).

Baca: Bara Hasibuan: Saya Lakukan Ini Semua Untuk Mengembalikan Roh PAN Itu Sendiri, Pasca Dukung Jokowi

‎Meski telah melalui satu tahapan, dirinya berharap di tahapan selanjutnya yaitu pleno penghitungan suara ditingkat kabupaten/kota agar lebih baik lagi dan berjalan lancar.

Menurutnya meski ada kendala, tapi prosesnya dapat diselesaikan dengan baik, dengan musayarawah dan mufakat.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang menunggu hasil dari KPU, jangan ada riak-riak lagi dan percayakan sepenuhnya kepada KPU sebagai Lembaga yang sudah dipercayakan oleh Negara untuk mengumumkan hasil Pipres atau Pemilu legislative.

"Sabar, sabar, sabar sampai pada tangal 22 Mei nanti kita akan mendengarkan apa yang disampaikan itu kita terima dengan baik. Tidak ada lagi hal-hal yang hoaks, tidak ada lagi itu. Kita semua satu, satu tambah dua sama dengan tiga. Tiga itu adalah Persatuan Indonesia," tandasnya.

Baca: Prajurit AS Asli Ponorogo Emosional Kembali ke Indonesia

Toar Palilingan pengamat hukum dari akademisi Unsrat Manado juga melihat, pelaksanaan rapat pleno penghitungan suara hasil pemungutan dan penghitungan suara 17 April 2019 di tingkat PPK berjalan baik, lancar dan aman.

‎"Dari awal saat pencoblosan, penghitungan di tingkat TPS memang sudah berlangsung sesuai dengan yang diharapkan. Karena tentu dalam hal ini tidak terlepas dari peran TNI-Polri yang mampu mengawal proses penyelenggaraan hingga jaminan keamanan juga itu memberikan suatu kepastian penyelenggaraan (Pemilu) itu boleh berjalan dengan lancar secara nasional dan khususnya di Sulawesi Utara.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved