Ibu Kota Pindah, Menteri PUPR Prediksi 1,5 Juta Orang akan Hijrah dari Jakarta

‎Menurut perhitungan Basuki Hadimuljono, dari sejumlah kementerian dan lembaga yang ada, setidaknya akan ada 1,5 juta orang yang ikut pindah.

Ibu Kota Pindah, Menteri PUPR Prediksi 1,5 Juta Orang akan Hijrah dari Jakarta
ISTIMEWA
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rencana pemindahan ibu kota Indonesia oleh pemerintahan Jokowi, tengah ramai diperbincangkan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ‎yang bakal mengomandoi pembangunan ibu kota baru, mengaku sudah bersiap diri.

Kementerian PUPR sudah mempelajari hal-hal terkait pemindahan ibu kota yang pernah dilakukan oleh negara lain.

"‎Kami sudah studi dengan Canberra, Brasil, Astana Kazahkstan. Kami juga melakukan kajian bagaimana negara lain melakukan pemindahan ibu kota," ungkap Basuki Hadimuljono, Jumat (3/5/2019).

Basuki Hadimuljono menjelaskan, pihaknya tengah mengidentifikasi ‎konsep desain dengan beragam kriteria dari Bapennas, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga harus pindah.

"Saya ambil kajian Bapennas. ASN harus pindah karena itu kan kota pemerintah. Jadi, legislatif, eksekutif, yudikatif, harus pindah," tutur Basuki Hadimuljono.

Baca: Sejumlah Tokoh Indonesia Jenguk Ani Yudhoyono, Dari Istri Gus Dur Hingga Dahlan Iskan,

‎Menurut perhitungan Basuki Hadimuljono, dari sejumlah kementerian dan lembaga yang ada, setidaknya akan ada 1,5 juta orang yang ikut pindah.

"1,5 juta orang pindah itu baru ofisialnya. Sekarang satu orang pindah, pengikutnya bisa 3-5 orang," jelasnya.

"Jadi kami mulai identifikasi kebutuhan suatu kota, fasilitas umumnya yang diperlukan, untuk perumahan, perkantoran, pelabuhan, dan bandaranya bagaimana," tambah Basuki Hadimuljono.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono menjelaskan, dari segi lokasi, Ibu Kota baru yang paling pas berada di tengah-tengah Indonesia adalah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Halaman
1234
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved