Puasa Sehat

Bagi Pecandu Kopi, Ini Siasat Ngopi di Bulan Ramadan Agar Lambung Tak Terganggu

Saat ini kopi telah menjadi minuman di segala waktu dan suasana. Apakah minuman berwarna hitam ini bagus juga dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa?

Bagi Pecandu Kopi, Ini Siasat Ngopi di Bulan Ramadan Agar Lambung Tak Terganggu
Reader's Digest
Minum kopi 

TRIBUNMANADO.CO.ID — Saat ini kopi telah menjadi minuman di segala waktu dan suasana. Apakah minuman berwarna hitam ini bagus juga dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa?

Ya, sekarang kopi bisa dibilang minuman populer.

Tak sedikit varian kopi yang ngehit dan digandrungi, seperti es kopi susu.

Kopi tidak hanya diminum saat pagi hari saja, tapi kini sudah jadi teman saat bekerja siang hari, lembur, bahkan saat nongkrong dengan teman-teman.

Sayangnya kopi ini tidak dianjurkan dikonsumsi saat menjalankan ibadah puasa apalagi dominum saat sahur karena kopi ini memiliki efek diuretik.

Dokter Spesialis Gizi dan Klinik, dr. Jovita Amelia menyebutkan kopi efek diuretik bikin cepat haus yang bisa memancing dehidrasi saat puasa.

“Kopi nggak disarankan buat sahur, karena diuretik, karena bikin dehidrasi ya,” ujar dr. Jovita saat ditemui di acara Halodoc, Selasa (30/4/2019).

Lantas bagaimana jika kamu kopi addict yang tak bisa meninggalkan kopi sama sekali?

Menurut dr. Jovita, kita boleh mengonsumsinya saat berbuka puasa tapi harus diselingi makanan dulu agar tidak berbahaya bagi lambung karena cafein pada kopi.

Sesuai dengan ritme saat berbuka puasa, diawali dulu dengan air putih tambah sedikit konsumsi sesuatu yang manis atau takjil barulah minum kopi.

Halaman
12
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved