ROR: Pengelolaan Keuangan Sesuaikan Dengan EPPA

Bupati ROR menyampaikan harus memahami bersama bahwa pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigma baru khususnya pengelolaan keuangan daerah

ROR: Pengelolaan Keuangan Sesuaikan Dengan EPPA
IST/humas pemkab minahasa
Rapat pimpinan Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) Triwulan I Tahun 2019 Pemkab Minahasa di ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Kamis (2/5/2019). 

ROR: Pengelolaan Keuangan Sesuaikan Dengan EPPA

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Bupati Kabupaten Minahasa Ir Royke Octavian Roring mengikuti rapat pimpinan Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) Triwulan I Tahun 2019 Pemkab Minahasa di ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa, Kamis (2/5/2019).

Bupati ROR menyampaikan harus memahami bersama bahwa pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigma baru khususnya pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib, adil, patut dan taat pada peraturan perundang-undangan.

Baca: Bupati Sri Wahyumi Ditangkap KPK, Suaminya Berada di Rumah Sakit dan Anaknya Hindari Media

“Ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran khususnya di lembaga pemerintahan, baik pusat maupun daerah,” ungkap Bupati ROR.

“Dalam mengevaluasi penyerapan anggaran dalam rangka mempercepat pelaksanaan program/kegiatan pada DPA/DIPA perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa,” tambahnya.

Beliau juga mengingatkan kembali tentang pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

“Rapat pimpinan EPPA ini memiliki peran strategis dalam pencapaian kinerja masing-masing perangkat daerah, terutama dalam pencapaian realisasi keuangan maupun fisik,” terangnya.

Baca: 40 Caleg yang Diprediksi Bakal Duduki Kursi DPRD Manado, Umumnya Wajah Baru

“Untuk itu diharapkan perhatian kepada pimpinan OPD bahwa dalam mengelola keuangan serta tertib administrasi pelaporan realisasi keuangan dan fisik hendaknya disesuaikan dengan sistem monitoring pada aplikasi EPPA dengan memperhatikan instruksi yang ada,” tambah Bupai ROR.

Ia juga menambahkan bahwa karena data pelaporan EPPA pada masing-masing OPD tersebut menjadi acuan pelaporan tim EPPA Kabupaten Minahasa pada sistem informasi monitoring tepra (Sismontep) untuk provinsi dan pusat.

Dia juga berharap seluruh jajaran Pemkab Minahasa untuk dapat mengikuti rapat ini dengan cermat dan aktif.

“Semoga kegiatan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Minahasa,” pungkasnya.

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved