Pleno Terbuka Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Minsel Sudah Lima Kecamatan

Pada Hari pertama pleno, Kecamatan Motoling mendapat giliran pertama. Protes dilayangkan oleh saksi PDIP yang mempertanyakan jumlah pemilih penyandan

Pleno Terbuka Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Minsel Sudah Lima Kecamatan
tribun manado/andrew pattymahu
Komisioner Bawaslu Minsel Franny Sengkey paling kiri 

Pleno Terbuka Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Minsel Sudah Lima Kecamatan

Laporan Wartawan Tribun Manado Andrew Alexander Pattymahu

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG- Sampai hari kedua rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten yang diselenggarakan KPUD Minahasa Selatan selalu diwarnai protes, Rabu (1/5/2019).

Pada Hari pertama pleno, Kecamatan Motoling mendapat  giliran pertama. Protes dilayangkan oleh saksi PDIP yang mempertanyakan jumlah pemilih penyandang disabilitas.

Baca: 9 Fakta Bos BUMN Tewas di Hotel, Ada Kondom, Terekam CCTV hingga Ada Wanita Seksi yang Mendekat

Komisioner Bawaslu Minsel Franny Sengkey menjelaskan bahwa, persoalan itu langsung diselesaikan dan tidak didapati pelanggaran namun hanya kekeliruan mengisi data serta tidak ada penggelembungan suara.

"Terkait hal ini langsung dilakukan perubahan. Dan baik saksi maupun PPK telah menandatangani berita acara yang menjelaskan sudah tidak ada lagi keberatan."Jelas Sengkey.

Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga mengatakan, pelaksanaan rekapitulasi di tingkat Kabupaten, berdasarkan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan Pemilu.

“Dan PKPU 10 tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu, serta PKPU 4 tahun 2019 tentang rekapitulasi." tukas Sambuaga.

Baca: 40 Caleg yang Diprediksi Bakal Duduki Kursi DPRD Manado, Umumnya Wajah Baru

Dari pantauan di rapat pleno hari kedua, giliran Kecamatan Suluun Tareran yang mendapat protes ketika membacakan hasil pleno Kecamatan. Pasalnya, terdapat banyak kejanggalan dalam data yang tidak sesuai yang dimiliki oleh Bawaslu.

Ditambahkan sambuaga, di hari kedua rapat pleno terbuka sudah empat Kecamatan yang tuntas.

"Hingga Rabu (1/5/2019) sekitar Pukul 18.30 Wita KPU Minsel telah menuntaskan empat Kecamatan dalam rapat pleno rekapitulasi hasil suara dan ini memasuki Kecamatan kelima,"pungkas dia.

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved