Berita Mitra

Padukan Tradisi dengan Kebudayaan, Begini Harapan Pemkab Mitra pada Hardiknas

Dalam perayaan Hardiknas di Kabupaten Mitra Pemkab Mitra mengharapkan pendidikan generasi masa kini dapat dipadukan dengan tradisi dan budaya.

Padukan Tradisi dengan Kebudayaan, Begini Harapan Pemkab Mitra pada Hardiknas
ISTIMEWA
Padukan Tradisi dengan Kebudayaan, Begini Harapan Pemkab Mitra pada Hardiknas 

Padukan Tradisi dengan Kebudayaan, Begini Harapan Pemkab Mitra pada Hardiknas

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATATOTOK - Dalam perayaan Hardiknas di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Pemkab Mitra mengharapkan pendidikan generasi masa kini dapat dipadukan dengan tradisi dan budaya.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Robby Ngongoloy yang kala itu mewakili Bupati Minahasa Tenggara menjadi irup upacara Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 di Kabupaten Minahasa Tenggara yang dilaksanakan di lapangan Narato Ratatotok, Mitra, Sulawesi Utara, Kamis (02/05/2019).

"Saat ini peserta didik kita didominasi generasi Z yang terakhir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap tehnologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan oara guru untuk memerapkan pendidikan berbasis teknologi dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat," ungkap Sekdakab Ngongoloy.

Ia mengatakan ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan.

Selaras dengan itu dalam konteks kebudayaan posisi kebudayaan sebagai basis pendidikan nasional semakin kukuh dengan disahkannya UU nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, serta konggres kebudayaan tahun 2018.

Implementasinya diharapkan semakin meningkatkan ketahanan budaya meningkat dalam peran ditengah peradaban dunia.

"Penguatan karakter anak terkait kecintaan dan kebanggaan pada simbol simbol negara juga harus ditanamkan agar mampu membentuk generasi yang kuat rasa nasionalisme dan berjiwa patriot. Melalui momentum hardiknas haruslah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter kuat, ketrampilan dan kecakapan tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif," tandas Sekda Minahasa Tenggara.

Atas nama Pemkab Minahasa, Robby Ngongoloy menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri terutama para pendidik dan tenaga kependidikan di setiap jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi ,tokoh agama, wartawan dan kontributor pendidik lainnya.

"Terima kasih kepada mereka yang memberikan inspirasi, pembuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberi manfaat bagi sekitarnya. Teruslah besemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia," lanjutnya.

(Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw)

BERITA POPULER:

Baca: Hingga Saat Ini Anak dan Suami Sri Wahyumi Manalip Masih Mengurung Diri di Rumah

Baca: Jubir Mahkamah Agung Benarkan Suami Bupati Sri Wahyumi adalah Seorang Hakim

Baca: Viral Video Pendeta Khotbah ABG-ABG yang Sedang Miras, Disuruh Nyanyi Lagu Rohani, Perekam: Ya Tuhan

TONTON JUGA:

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved