Kekaisaran Jepang

Fakta Tentang Kekaisaran Jepang, Dari Kerajaan Tertua di Dunia hingga Penerus Tahta yang Kian Susut

Naik tahtanya Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang baru menggantikan ayahnya Akihito, membuat Jepang memulai era baru yang diberi nama Reiwa.

Fakta Tentang Kekaisaran Jepang, Dari Kerajaan Tertua di Dunia hingga Penerus Tahta yang Kian Susut
AFP
Kaisar Baru Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako saat mendapat penghormatan dari Pangeran Akishino Putri Kiko, May 1, 2019. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Naik tahtanya Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang baru menggantikan ayahnya Akihito, membuat Jepang memulai era baru yang diberi nama Reiwa. 

Naruhito dikenal sebagai kaisar pertama yang mengenyam pendidikan luar negeri. Ia dianggap sebagai pemimpin monarki Jepang yang modern mengingat orangtuanya mendobrak sejumlah tradisi.

Ayahnya Akihito dan Ibunya Permaisuri Michiko yang awalnya merupakan perempuan biasa memilih untuk membesarkan anak mereka alih-alih memercayakannya kepada pengasuh kekaisaran.

Mereka mendukung keputusan Naruhito untuk berkuliah di Universitasa Oxford Inggris, di sana Naruhito meneliti sistem transportasi Sungai Thames antara 1983-1985.

George yang merupakan teman Naruhito semasa berkuliah di Oxford mengungkapkan sang kaisar baru adalah sosok yang bersahaja sekaligus peduli dengan orang lain. 

Wisatawan foto bersama di area Taman Istana Kekaisaran di Tokyo, Jepang (29/4/2019). Kaisar Jepang Akihito akan turun dari Tahta Krisan pada 30 April 2019 mengakhiri 30 tahun masa pemerintahannya.
Wisatawan foto bersama di area Taman Istana Kekaisaran di Tokyo, Jepang (29/4/2019). Kaisar Jepang Akihito akan turun dari Tahta Krisan pada 30 April 2019 mengakhiri 30 tahun masa pemerintahannya. (Kazuhiro NOGI / AFP)

Kerajaan Tertua di Dunia

Jepang adalah Kerajaan tertua di dunia, didirikan Tahun 660 SM. Pengasa pertama Jepang adalah Kaisar Jimmu

Jepang mengakui 126 kaisar yang dimulai dari Kaisar Jimmu, namun garis suksesi kerajaan hanya tercatat sejak Kaisar Ojin yang berkuasa pada awal abad ke-4. 

Meskipun kekaisaran ini sering disebut sebagai "Kekaisaran Jepang", sebenarnya nama resminya adalah Dai Nippon Teikoku, yang berasal dari kata: Dai "Agung," Nippon "Jepang" dan Teikoku "Kekaisaran"

Pewaris Tahta

Pangeran Hisahito (tengah) diapit kedua orangtuanya, Pangeran Akishino dan Putri Kiko.
Pangeran Hisahito (tengah) diapit kedua orangtuanya, Pangeran Akishino dan Putri Kiko. (AFP/KOJI SASAHARA)
Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved