Senangnya Petugas PPK Usai Rekapitulasi Hasil Pemilu, Markus: Bisa Bernafas Lega

Beban berat dan tekanan selama Pemilu sudah terlepas, jadi merasa sangat lega

Senangnya Petugas PPK Usai Rekapitulasi Hasil Pemilu, Markus: Bisa Bernafas Lega
tribunmanado.co.id/Alpen Martinus
Rapat Pleno Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Sitaro terpaksa harus ditunda, Rabu (30/4). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO - Setelah melewati proses  panjang, akhirnya rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Sitaro selesai dirampungkan, Rabu (1/5).

Yang terakhir yang melaporkan hasil perhitungan adalah PPK Tagulandang Induk.

Rapat kemudian diskors untuk mempersiapkan masuk pada tahapan rapat pleno penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara peserta pemilihan umum anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Kami berikan kesempatan juga kepada PPK untuk melakukan perbaikan data sesuai masukkan dari Bawaslu tadi," jelas Hendrik Kudimang Ketua Divisi Teknis KPU Sitaro.

Markus Samawu Anggota PPK Tagulandang mengaku lega tugas hingga rekapitulasi hasil tingkat Kabupaten sudah selesai.

"Beban berat dan tekanan selama Pemilu sudah terlepas, jadi merasa sangat lega," jelasnya. Namun dmeikian, lanjutnya, meski ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan.

Sebab menurutnya, paling berat adalah saat rekapitulasi tingkat PPK."Enam hari kami laksanakan, sebab ada 47 TPS, itu menyita waktu, tenaga, dan pikiran kami," jelasnya.

Selain itu, waktu bersama keluarga juga berkurang."Biasa kami tidur sekitar jam 2 atau 3 pagi, dan mulai rapat sekitar jam 9 pagi. Kebanyakan memang kami di pleno," jelas dia.

Ia mengatakan, ini juga menjadi pengalaman tersendiri untuknya."Kalau dukun kan sedikit jenis kertas suara, tapi sekarang lima jadi memang berat," jelasnya.

Kalau ke depan akan dipercayakan lagi, ia akan lebih siap lagi lantaran sudah ada pengalaman. (*)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved