Selamat Datang Era Reiwa, Putra Mahkota Naruhito Jadi Kaisar Jepang

Kekaisaran Jepang resmi mendapatkan kaisar baru melalui Putra Mahkota Naruhito pada Rabu (1/5/2019) tengah malam

Selamat Datang Era Reiwa, Putra Mahkota Naruhito Jadi Kaisar Jepang
Kaisar Jepang Akihito dan permaisuri 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kekaisaran Jepang resmi mendapatkan kaisar baru melalui Putra Mahkota Naruhito pada Rabu (1/5/2019) tengah malam

Naruhito resmi menjadi penguasa monarki tertua dunia setelah sang ayah, Kaisar Akihito, resmi turun takhta dalam upacara yang dilaksanakan Selasa (29/4/2019).

Naruhito bakal menjalani upacara penobatan pada Rabu siang waktu setempat. Namun pada tengah malam ini, dia sudah resmi menjadi Kaisar Jepang.

Kepastian Naruhito juga ditandai dengan dimulainya masa Reiwa yang menggantikan era Heiei milik Kaisar Akihito yang dia pakai sejak Januari 1989 silam.

Akihito yang bakal bergelar sebagai Kaisar Emiritus menggunakan pidato terakhirnya untuk mengucapkan terima kasih kepada rakyat Jepang dan mendoakan bagi perdamaian dunia.

Kaisar Jepang, Akihito (tengah) didampingi Permaisuri Michiko (kanan) dan Putra Mahkota Naruhito, menyapa pendukungnya saat menyampaikan pidato tahun baru di Istana Kekaisaran di Tokyo, Rabu (2/1/2019).
Kaisar Jepang, Akihito (tengah) didampingi Permaisuri Michiko (kanan) dan Putra Mahkota Naruhito, menyapa pendukungnya saat menyampaikan pidato tahun baru di Istana Kekaisaran di Tokyo, Rabu (2/1/2019). (AFP / KAZUHIRO NOGI)

Saat upacara yang berlangsung di Aula Pinus selama 10 menit, dia mengulurkan tangan untuk membantu Permaisuri Michiko ketika menuruni tangga, dan membungkuk di hadapan 300 tamu.

Akihito menjadi kaisar pertama yang memutuskan mengundurkan diri setelah Kaisar Kokaku pada 1817. Era Reiwa, berarti Harmoni yang Indah, bakal terjadi selama Naruhito berkuasa.

Rasa haru tak bisa disembunyikan Yayoi Iwasaki yang merupakan seorang pegawai bank. "Saya sangat emosional saat ini," ujarnya seraya berdiri di luar istana seperti dikutip AFP.

Miyuki Sakai, seorang ibu rumah tangga berusia 45 tahun, membungkuk di depan istana. Dia berkata tidak akan bisa melihat wajah Akihito lagi di layar televisi.

"Namun, kini beliau sudah berumur 85 tahun. Jadi, saat ini yang bisa saya lakukan adalah mendoakan agar beliau mendapat kehidupan yang baik bersama istrinya," terang Iwasaki.

Sementara di luar Tokyo, beberapa penduduk mengenakan kimono dan menarikan tarian tradisional semalam suntuk di Gifu untuk meryatakan transisi kekuasaan.

Rika Yamamoto yang berdiri di persimpangan kawasan terkenal Shibuya berujar, Akihito merupakan kaisar yang baik. Apalagi perannya saat gempa bumi 11 Maret 2011.

"Dia telah menjadi simbol Jepang. Saya berharap kaisar yang baru bisa menjalankan tugas yang sama seperti ayahnya," terang karyawan 24 tahun itu

TAUTAN AWAL: https://internasional.kompas.com/read/2019/05/01/05000061/putra-mahkota-naruhito-jadi-kaisar-jepang-selamat-datang-era-reiwa

Editor: Aldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved