Jokowi Makan Bareng Buruh Jelang May Day

Presiden Joko Widodo meninjau pabrik sepatu PT KMK Global Sports I di Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa (30/4/2019). Saat meninjau pabrik sepatu

Jokowi Makan Bareng Buruh Jelang May Day
antara
Presiden Joko Widodo (kanan) bersiap untuk makan bersama saat mengunjungi pabrik sepatu PT KMK Global Sports I, Tangerang, Banten, Selasa (30/4/2019). Dalam kunjungannya presiden berkeliling pabrik, berdialog serta makan siang bersama dengan pekerja. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meninjau pabrik sepatu PT KMK Global Sports I di Cikupa, Tangerang, Banten, Selasa (30/4/2019). Saat meninjau pabrik sepatu ini Presiden menyempatkan diri untuk makan siang bersama para buruh pabrik.

Dalam kunjungannya sehari jelang peringatan Hari Buruh, Rabu (1/5) tersebut, Presiden datang didampingi Sekretaris Kabinet Pratikno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri. Kedatangan Jokowi disambut antusias oleh para operator di pabrik yang memproduksi sepatu merek Nike tersebut. Mereka berebut untuk bersalaman dan berswafoto dengan Jokowi.

Merespons hal tersebut, Jokowi secara ramah melayani para operator produksi yang mengajak swafoto. Orang nomor satu di Indonesia itu mengambil telepon seluler operator produksi untuk berswafoto.

Setelah itu Jokowi berjalan menuju ruangan makan sambil diteriaki para karyawa PT KMK Global Sports I. "Jokowi. Jokowi. Jokowi," teriak mereka.
Dalam kunjungan ini Presiden Joko Widodo juga makan siang bersama para buruh. Pantauan Tribun Network, Jokowi mendapat menu makanan yang sama dengan para buruh seperti nasi, telur rebus, tempe, sup ayam dan buah salak.

"Makan siang tadi ada telur, tempe, sayur. Untuk saya gizi dan nutrisinya sangat bagus. Makanannya juga enak," ujar Jokowi.
Disela-sela makan, mantan Wali Kota Solo ini sempat berbincang santai dengan beberapa buruh. Dia menanyakan durasi mereka bekerja di PT KMK Global Sports I dan atmosfer lingkungan tempat mereka bekerja.

"Saya tadi banyak bertanya ke para buruh, sudah berapa tahun kerja di sini. Mereka jawab ada yang 20-15 tahun. Menurut saya memang atmosfer di lingkungan PT KMK baik. Ada kliniknya juga," tambah Jokowi.

Terkait peringatan May Day yang jatuh hari ini, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Buruh kepada para buruh di pabrik PT KMK Global Sports I. Jokowi juga berpesan agar peringatan May Day berjalan kondusif dan penuh kegembiraan.
"Besok, saat May Day, kita berharap perayaan Hari Buruh berjalan baik, penuh kegembiraan dan kondusif," kata Jokowi.

Dia juga berpesan agar para buruh terus meningkatkan produktivitasnya. Jokowi mengatakan jika buruh produktif, maka perusahaan bakal memberikan gaji yang tinggi karena peningkatan gaji terkait hasil produksi.
"Kalau yang dihasilkan naik, gajinya dinaikkan tidak ada masalah," imbuhnya.

JK Imbau Buruh Tertib

Kepolisian menerjunkan 1.278 personel untuk mengamankan May Day di wilayah Kabupaten Bekasi yang merupakan kawasan industri. Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Sukma Kumara mengatakan pengamanan dilakukan di jalan lintasan buruh saat hendak ke Jakarta dan titik pusat kegiatan buruh di Kabupaten Bekasi.

Pada peringatan Hari Buruh sebanyak 50 ribu buruh se-Jabodetabek akan turun ke Jakarta. Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai aksi buruh saat May Day sebagai kegiatan yang wajar karena bertujuan untuk menyampaikan aspirasi para buruh. Namun demikian, Jusuf Kalla mengatakan panitia kegiatan perlu menimbang hak para pengguna jalan.

"Siapa saja boleh hadir, tapi harus tertib. Mau di jalan, silakan, tapi jangan menghambat lalu lintas," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (30/4).
Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas saat peringatan Hari Buruh hari ini. Rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk mengurai kepadatan arus kendaraan. Rekayasa disiapkan di sekitar wilayah Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat dan wilayah Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Rekayasa lalin, penutupan dan pengalihan arus bersifat fleksibel dan menyesuaikan dengan perkembangan situasi arus dan kebutuhan. Sifatnya fleksibel apabila dibutuhkan," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, Selasa (30/4).

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan setelah polisi mendapat pemberitahuan aksi dari massa buruh di dua lokasi berbeda. Lokasi pertama akan ada di depan Istana Negara dan diamankan oleh 25 ribu personel gabungan. Lokasi berikutnya direncanakan akan ada di Istora Senayan dan diamankan oleh sekitar 1.500 personel gabungan. (Tribun Network/the/rin/fhd)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved