Sehan Landjar Jadi Rebutan

Nasdem akan menjadi partai yang memotori koalisi pilgub. Nasdem diprediksi akan memainkan komposisi ‘papan satu’ dari etnis Minahasa.

Sehan Landjar Jadi Rebutan
istimewa
Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Nasdem akan menjadi partai yang memotori koalisi pilgub. Nasdem diprediksi akan memainkan komposisi ‘papan satu’ dari etnis Minahasa dan ‘papan 2' dari Bolmong.

Nasdem pun punya daftar figur mumpuni dicalonkan sebagai gubernur. Ada Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Wali Kota Bitung Max Lomban, Bupati Minut Vonnie Panambunan, plus Elly Lasut Bupati Talaud terpilih yang makin lekat ke Nasdem meski berstatus Ketua Partai Berkarya.

Kemudian figur sentral yang punya jaringan Nasdem Pusat, Felly Runtwene. Untuk Bolmong, parpol ini punya pilihan kader semisal Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara yang sudah menjalani periode kedua.

Maka komposisi paling memungkinkan untuk Minahasa-Bolmong, GSVL-Tatong atau E2L-Tatong. Tapi, komposisi Nasdem mengusung sendiri masih kekurangan satu kursi sehingga perlu menarik partai lain untuk koalisi.

Alternatif lainnya, Nasdem menggandeng PAN (3 kursi) untuk figur ‘papan 2'. Sehan Landjar, Bupati Boltim ada di urutan pertama figur yang paling berpeluang digandeng karena sebagai Ketua DPW PAN Sulut. Sehan butuh melanjutkan karier politik setelah dua periode memimpin Boltim. Wakil gubernur merupakan posisi yang pas.

Meski agak sulit jika menilik sejarah politik masa lalu, ketika dua figur Tatong Bara dan Yasti Soepredjo tersingkir dari PAN, hingga akhirnya masuk Nasdem, kemudian PAN mengangkat Sehan Landjar sebagai ketua.

Desas desus konflik Sehan dan Yasti-Tatong belum terdengar sudah berakhir. Tapi bukan tidak mungkin konflik masa lalu dikesampingkan untuk kepentingan bersama yang lebih besar di masa mendatang, ini sudah ciri khas politik.

Para figur ini punya modal politik yakni jaringan partai, modal sosial karena sudah dikenal publik bahkan banyak di antaranya berstatus kepala daerah, kemudian modal finansial.

GSVL Belum Mau Bicara Pilgub

Ketua Komando Pemenangan Wilayah Nasdem Sulut Felly Runtuwene mengatakan, pihaknya saat ini belum berpikir tentang pilgub. "Kami masih fokus mengawal suara Nasdem dalam pileg," kata dia, Senin (29/4/2019). Dikatakan Felly, partainya punya peluang beroleh 9 kursi di DPRD Sulut. Berarti satu fraksi dan bisa mengusung calon gubernur.

Beber dia, partainya juga sudah memastikan beroleh 9 fraksi di 9 kabupaten/kota di Sulut. Masih malu-malu bicara pilgub, namun Felly dengan percaya diri menyebut Nasdem punya segudang calon untuk dimajukan ke pilgub.

"Kader kami umumnya sudah dua periode menjabat kepala daerah," kata dia tanpa menyebut nama. Ditanya bagaimana jika dirinya yang maju, ia enggan berkomentar. Salah satu calon yang digadang dimajukan Nasdem sebagai calon gubernur adalah Wali Kota Manado Vicky Lumentut.

Stiker GSVL for Sulut sudah nampak di sejumlah mobil. Vicky ketika diwawancarai sebelum pileg mengenai kemungkinan itu menjawab diplomatis. "Tunggu saja kan pileg belum selesai," kata dia. Selain GSVL, ada Elly Lasut, Bupati Talaud terpilih. Elly dipandang sebagai tokoh berkarisma serta punya loyalis di semua daerah Sulut.

Naiknya elektabilitas Hillary Lasut juga berkat sentuhan Elly yang hadir dalam setiap kampanye anaknya. "Wah nanti dulu, saya saja belum dilantik bupati," kata Elly ketika tribunmanado.co.id menanyakan kemungkinan ia maju pilgub beberapa waktu lalu. (ryo/art)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved