Tokoh Politik

Resmi, Dahlan Iskan Bebas Atas Kasus Korupsi PT Panca Wira Usaha

Dahlan Iskan divonis bebas oleh Mahkamah Agung (MA) atas kasus dugaan korupsi pelepasan aset PT. Panca Wira Usaha (PWU).

Resmi, Dahlan Iskan Bebas Atas Kasus Korupsi PT Panca Wira Usaha
SURYA.CO.ID/AHMAD ZAIMUL HAQ
Dahlan Iskan Bebas 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mantan menteri BUMN, Dahlan Iskan divonis bebas oleh Mahkamah Agung (MA) atas kasus dugaan korupsi pelepasan aset PT. Panca Wira Usaha (PWU). MA menolak kasasi jaksa.

Pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim melalui Kasi Penkum Kejati, Richard Marpaung mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima putusan tersebut.

"Resminya kami harus menerima salinan putusan itu," ungkapnya, Selasa, (30/4/2019). 

Dia menjelaskan pihaknya baru bersikap bila menerima salinan dan harus mempelajarinya terlebih dahulu.  

"Tadi saya cek ke bidang pidana khusus, mereka belum terima. Website belum bisa kita pakai acuan. Kita harus menerima salinan putusan, baru bisa kita pelajari," tambahnya.

Baca: Andre Rosiade: Prabowo Akan Kontrak Politik dengan KSPI Saat Peringatan May Day

Soal upaya hukum lain, seperti peninjauan kembali (PK), Richard mengaku, bahwa itu merupakan upaya hukum luar biasa.

"Itukan upaya hukum luar biasa, ya nanti kita lihat putusannya bagaimana. Kita pelajari baru kita bisa ambil sikap," tegasnya.

Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi Jaksa Penuntut Umum pada Kejari atas kasus korupsi pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU) dengan terdakwa Dahlan Iskan. Hal ini membuat Dahlan bebas.

Diketahui, Dahlan Iskan ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan 16 mobil listrik pada PT BRI (Persero), PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Pertamina (Persero) di awal tahun ini. Kejaksaan menerbitkan surat perintah penyidikan tanggal 26 Januari

Proyek mobil listrik di tahun 2013, saat Dahlan menjabat sebagai Menteri BUMN. Dahlan meminta tiga perusahaan pelat merah tersebut untuk menjadi sponsor pengadaan mobil listrik guna mendukung KTT APEC di Bali.

Setelah proyek rampung dikerjakan, 16 mobil listrik berjenis electric microbus dan electric executive bus rupanya tak dapat digunakan karena tidak dibuat sebagaimana mestinya.

Mobil itu hanya diubah di bagian mesin, sehingga fungsi mobil tidak optimal. Hasil uji di ITB menyatakan kinerja mesin tidak optimal. Ini menyebabkan mesin cepat panas dan rusak.

Baca: Bupati Cantik Sri Wahyumi Manalip Ditangkap, DPD Hanura Sulut Sebut Kasus OTT

Baca: Kemendagri Tak Kaget Sri Wahyumi Ditangkap: Bupati Sangat Terkenal Indisipliner

Tautan: http://surabaya.tribunnews.com/2019/04/30/dahlan-iskan-divonis-bebas-ma-atas-kasus-korupsi-kejati-jatim-belum-tentukan-sikap.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved