Jusuf Kalla Berpandangan Daerah Sulawesi Cocok Dijadikan Ibu Kota Negara

Wakil Presiden Jusuf Kalla memiliki pandangan bahwa wilayah tengah di Sulawesi cocok dijadikan ibu kota negara.

Jusuf Kalla Berpandangan Daerah Sulawesi Cocok Dijadikan Ibu Kota Negara
kompas.com
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berbincang disela-sela foto bersama bupati peserta Rapat Koordinasi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/1/2015). Dalam keterangan kepada wartawan, Presiden meminta proses hukum terhadap Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto dilakukan secara obyektif.(KOMPAS/WISNU WIDIANTORO ) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla memiliki pandangan bahwa wilayah tengah di Sulawesi cocok dijadikan ibu kota negara.

Menurut dia, Sulawesi tepat berada di tengah-tengah Indonesia.

Kemudian, ketersediaan lahan yang mencapai 60 ribu hektare untuk memindahkan ibu kota, dirasa lebih memadai di Sulawesi.

Selain itu, ujar JK, Bappenas mempersyaratan, ibu kota baru harus minim bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, atau banjir.

"Contohnya itu memenuhi di tengahnya Sulawesi. Tapi nggak ada lahan kosong 60 ribu yang siap. Tapi ada lagi yang siap, ada bahaya patahan-patahan ring of fire (cincin api seperti di Sumatera)," ujar JK yang ditemui di Istana Wapres, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2019).

Baca: Heboh, Video Andre Taulany Diduga Hina Ustadz Abdul Somad & Ustadz Adi Hidayat, Ini reaksi UAH

JK menegaskan, pemerintah sangat berhati-hati dalam memutuskan pemindahan ibu kota ini dengan menilai paling tidak dari 10 tolak ukur.

Seperti, harus strategis letaknya di tengah daripada Indonesia, harus memiliki penduduk yang mempunyai toleransi yang baik, harus bersifat nasional.

"Jadi syaratnya berat memang. Memilihnya tak mudah," ucap JK.

Baca: Ini Tanggapan Cawapres Sandiaga soal Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta

Baca: Ditjen Imigrasi dan Lima Lembaga Negara Cegah Kekerasan di Rumah Detensi

Diketahui, Bappenas telah merampungkan kajian tahap pertama rencana pemindahan ibu kota ke luar Jakarta.

Kajian tersebut terfokus pada tiga wilayah yang menjadi kandidat utama pengganti Jakarta. Di antaranya, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

TONTON JUGA:

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wapres JK Sebut Wilayah di Sulawesi Lebih Pantas Jadi Ibu Kota Negara

Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved