Nasional

Inilah Dampak Ekonomi Pemindahan Ibukota Indonesia

Rencana pemindahan ibu kota tercetus menimbang peluang Indonesia menjadi negara maju dan kompetisi global yang semakin ketat.

Inilah Dampak Ekonomi Pemindahan Ibukota Indonesia
google/kompasiana.com
Dampak Ekonomi Pemindahan Ibukota Indonesia dari DKI Jakarta 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo kembali membahas rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta, hari Senin (29/4/2019). Di sisi lain, pengamat ekonomi menilai dampak positif yang dirasakan daerah baru hanya akan berlangsung dalam jangka pendek.

Pemindahan ibukota Indonesia

Pemerintah juga diingatkan untuk tidak membiayai pemindahan ibu kota dari utang.

Dalam rapat terbatas (ratas) bersama jajaran terkait di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Presiden Jokowi membahas langkah-langkah yang perlu diambil terkait rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta.

"Gagasan untuk pemindahan ibu kota ini sudah lama sekali muncul, sejak era Presiden Soekarno. Di setiap era presiden pasti muncul gagasan itu. Tapi wacana ini timbul-tenggelam karena tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang," kata Presiden di awal ratas.

Rencana pemindahan ibu kota tercetus menimbang peluang Indonesia menjadi negara maju dan kompetisi global yang semakin ketat.

Kemampuan Jakarta untuk menjadi dua pusat penting Nusantara, ujar Presiden Indonesia ke-7 itu, harus dipikirkan kembali secara matang.

"Ketika kita sepakat akan menuju negara maju, pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah apakah di masa yang akan datang DKI Jakarta sebagai ibu kota negara mampu memikul dua beban sekaligus, yaitu sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik sekaligus pusat bisnis," sebut Jokowi..

Presiden lantas mencontohkan beberapa negara yang dianggapnya telah memiliki pemikiran maju.

"Saya kira contohnya banyak sekali baik Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain. Sekali lagi, kita ingin berpikir visioner untuk kemajuan negara ini."

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved