Nasional

Dukungan Partai NasDem Pemindahan Ibu Kota Negara Ke Luar Pulau Jawa, Sekjen: Baik untuk Jakarta

Partai Nasdem mendukung perihal pemindahan ibu kota RI ke luar Pulau Jawa.

Dukungan Partai NasDem Pemindahan Ibu Kota Negara Ke Luar Pulau Jawa, Sekjen: Baik untuk Jakarta
google/Berita Flores
Johnny G Plate - Kader Nasdem 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Partai NasDem mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan Ibu Kota Negara ke luar pulau Jawa.

Hal itu diputuskan Jokowi dalam rapat terbatas terkait pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Johnny G Plate berharap dapat segera direalisasikan, setelah pemerintah melakukan kajian, analisa dan pertimbangan yang matang.

"Pak Jokowi menindak lanjuti rencana pemindahan ibu kota yang sudah dibicarakan cukup lama. Kami mendukung kebijakan tersebut dan berharap dapat dilakukan dalam waktu yang cepat setelah pemerintah melakukan kajian, analisa dan pertimbangan yang matang," ujar Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR Ri ini kepada Tribunnews.com, Selasa (30/4/2019).

Menurut Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, masyarakat DKI Jakarta juga akan mendapat banyak manfaat dengan berpindahnya sebagian beban yang ditanggung selama ini.

Baca: Sebelum Indonesia Pindah Pusat Pemerintahan Negara, Berikut 10 Negara Terdahulu yang Pindah Ibu Kota

Yakni, dia mencontohkan, seperti, kepadatan penduduk, transportasi yang sulit dan apresiasi harga tanah dan NJOP yang terus naik dan mahal disamping banyak manfaat lainnya.

"Dan Jakarta selanjutnya akan berkembang menjadi pusat bisnis dan bandar megah di Asia Tenggara," jelasnya.

Sedangkan Pusat pelayanan pemerintah akan bergeser ke ibu kota baru yang akan menjadi pusat pemerintahan yang lebih efisien dan pelayanan pemerintah pusat yang lebih produktif.

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin Rapat Terbatas (Ratas) tentang Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Dalam pengantarnya Presiden menjelaskan, bahwa gagasan untuk pemindahan ibu kota ini sudah lama sekali muncul, sejak era Presiden Soekarno, sampai di setiap era presiden pasti muncul gagasan itu. Tapi wacana ini, menurut Presiden, timbul tenggelam karena tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang.

Halaman
123
Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved