Ekonomi

Staf Ahli Kemendag Pantau Harga Komoditas Bahan Pokok di Manado, Rica dkk Jadi Perhatian

Kementerian Perdagangan memastikan ketersediaan komoditas dan bahan pokok di Manado.

Staf Ahli Kemendag Pantau Harga Komoditas Bahan Pokok di Manado, Rica dkk Jadi Perhatian
Tribun Manado/Fernando Lumowa
Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi (kanan) memantau harga komoditas bahan pangan di Pasar Pinasungkulan, Karombasan, Manado, Senin (29/4/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Perdagangan memastikan ketersediaan komoditas dan bahan pokok di Manado.

Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi turun ke Pasar Pinasungkulan Karombasan, Pasar Bersehati Manado, Senin (29/4/2019).

Selain pasar tradisional, Edi yang didampingi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulut dan Satgas Pangan juga meninjau gudang distributor bahan pangan, pasar modern (ritel) dan gudang Bulog di Bitung.

Satriono mengatakan, peninjauan lapangan itu untuk memastikan ketersediaan stok komoditas dan bahan pangan.

"Kita juga melihat pergerakan harga komoditas dan bahan pokok di Manado ini," ujar Edi kepada Tribun Manado di Pasar Pinasungkulan Karomhasan, Manado.

Menurutnya secara umum stok komoditas dan bahan pangan relatif cukup. Tidak ada yang stoknya kurang.

"Terutama beras ya, pasokannya dari sentra penghasil lancar dan harganya stabil. Misalnya beras Superwin Kotamobagu itu Rp 11 ribu per kilogram. Kita juga punya beras Bulog operasi pasar Rp 9.450 per kilogram," katanya.

Begitu pula dating sapi, masih stabil di kisaran Rp 110-115 per kilogram. Sementara telur Rp 60 ribu per baki untuk telur super (ukuran besar). Dijual per biji Rp 2.000 untuk ukuran besar dan Rp 1900 per biji untuk ukuran sedang.

Begitu pula daging ayam ras Rp 33 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram. "Harga daging baik sapi maupun ayam ini masih stabil. Semoga mendekati Ramadan bisa tetap," ujarnya.

Meskipun begitu, Edi mewanti-wanti terkait tren harga komoditas bumbu dapur seperti cabai rawit tomat yang rentan berfluktuasi.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved