Operasi Keselamatan Samrat dimulai, Ini yang Harus diperhatikan

Menurut Kapolda Sulut sasaran operasi keselamatan di prioritaskan terhadap tujuh pelanggaran lalu lintas.

Operasi Keselamatan Samrat dimulai, Ini yang Harus diperhatikan
Istimewa
Pemasangan tanda operasi oleh Kapolda Sulut Irjen R Sigid Tri Hardjanto kepada perwakilan operasi keselamatan Samrat 2019 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Operasi kepolisian di bidang lalulintas bersandikan Operasi Keselamatan Samrat 2019 resmi dimulai, Senin (29/4/2019).

Menandakan dimulainya operasi diseluruh jajaran Polda Sulut digelar Apel Gelar Pasukan di masing-masing jajaran Polres/ta.

Kapolda Sulut Irjen Dr R Sigid Tri Hardjanto memimpin apel operasi keselamatan Samrat 2019, di halaman Mapolda Sulut, Senin (29/4/2019).

Kombes I Gusti Putu Nurah Gunawan Dir Lantas Polda Sulut mengatakan, operasi ini berlangusng selama 14 hari dimulai tanggal 29 April hingga 12 Mei 2019, di seluruh wilayah jajaran Polda Sulut.

Baca: Serda Aris Manto Bantu Pencarian Korban Hanyut di Desa Ayong

Menurut Kapolda Sulut sasaran operasi keselamatan di prioritaskan terhadap tujuh pelanggaran lalu lintas.

Kapolda Sulut menyampaikan penjelasan terkait operasi ini dalam apel yang dihadiri jajaran Polda Sulut, Danpomdan XIII/Merdeka, Danpom Angkatan Laut Lantamal VIII Manado, Danpom angkatan udara (AU) Lanud Sri, pimpinan PT Jasa Marga, Kaban Pendapatan daerah provinsi Sulut, Kadis Perhubungan Sulut dan Kota Manado, Kasat Pol PP provinsi Sulut dan Kota Manado serta undangan lainnya dalam apel.

Apel ini digelar Pasca pelaksanaan Pemilu pileg dan pilpres 2019, serta penciptaan kondisi menjelang bulan suci Ramadhan 1440 Hi dan mengetahui sejauh mana kesiapan personil serta sarana pendukung lainnya agar operasi jalan optimal dan berhasil sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Operasi keselamatan berlalu lintas 2019 prioritaskan pada pendidikan masyarakat (Dikmas Lantas) yang mampu wujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khusus Polisi lalu lintas.

Edukasi masyarakat agar ciptakan Kamtibcarlantas yang tertib.‎

Baca: Luapan Air Masuk Rumah, Muhammad Ahmad Diduga Syok Lalu Meninggal, Haru Biru di Rumah Duka

Pelanggaran yang dimaksud adalah menggunakan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan saftey belt, menaikan dan menurunkan penumpang di tempat yang tidak seharusnya, melawan arus lalulintas, mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol atau narkoba, mengemudikan kendaraan dibawah umur melebihi batas kecepatan maksimal dan menggunakan bahu jalan bukan untuk peruntukannya, ujar Kapolda Sulut Irjen Dr R Sigid Tri Hardjanto.

Kapolda berharap dengan dikaksanakannya Ops Keselamatan ini, dapat tercapai tujuan operasi, yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalulintas.

Pemasangan tanda operasi oleh Kapolda Sulut Irjen R Sigid Tri Hardjanto kepada perwakilan operasi keselamatan Samrat 2019
Pemasangan tanda operasi oleh Kapolda Sulut Irjen R Sigid Tri Hardjanto kepada perwakilan
operasi keselamatan Samrat 2019 (Istimewa)
Pemasangan tanda operasi oleh Kapolda Sulut
Pemasangan tanda operasi oleh Kapolda Sulut (Istimewa)
Pemasangan tanda operasi oleh Kapolda Sulut Irjen R Sigid Tri Hardjanto
Pemasangan tanda operasi oleh Kapolda Sulut Irjen R Sigid Tri Hardjanto (Istimewa)

‎Menurunnya fatalitas korban lakalantas, meningkatnya kepercayaan masyarajat terhadap Polri dan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalulintas‎.

Baca: Kim Jong Un Pakai Limosin Daimler, Produsen Jerman Heran: Kami Tak Terikat Bisnis dengan Korea Utara

Kapolda juga memberikan penekanan dan arahan untuk di pedomani personil dalam bertugas selalu bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, jaga keselamatan dalam bertugas, peningkatan disiplin Polisi Lalu lintas dan terwujudnya pelayanan polantas yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved