Otonomi Daerah

Wakil Bupati Minahasa Tenggara Jelaskan Tiga Hal Kebijakan Desentralisasi & Otonomi Daerah

Peringati Hari Otonomi Daerah ke XXIII Tahun 2019 Wakil Bupati Minahasa Tenggara Jesaya Legi mengungkapkan bahwa otonomi daerah telah memberikan solus

Wakil Bupati Minahasa Tenggara Jelaskan Tiga Hal Kebijakan Desentralisasi & Otonomi Daerah
istimewa
Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII Tahun 2019 di Kantor Bupati Minahasa Tenggara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Peringati Hari Otonomi Daerah ke XXIII Tahun 2019, Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Jesaya Legi mengungkapkan bahwa otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan daerah, dimana masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreatifitas dan inovasinya.

Berikut tiga hal prinsip yang merubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah; Pertama, otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Kedua, otda telah menumbuh kembangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi masyarakat.

Ketiga, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini maka berbagai kebijakan menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi melalui proses oanjang dan berbelit belit tetapi menjadi sangat efisien dan responsif.

Wabup mengatakan, perkembangan pelaksanaan otonomi daerah yang cukup signifikan telah kita rasakan, namun, masih perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan.

Dan perlu adanya upaya penataan penyelenggaraan Otda secara komprehensif salah satunya dengan memberikan arahan dan pedoman regulasi bagi daerah.

“Mari kita kawal otda agar selau diisi dengan kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahyang berorientasi pada pelayanan masyarakat, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan kreatifitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumberdaya manusia dan alam secara signifikan."

"Mari kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, keserasian hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang sinergis,” tandas Wabup Legi di Ratahan, Jumat (26/4/2019)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved