Begini Penjelasan KPU Manado soal Batalnya Pemungutan Suara di RSUP Kandou pada 17 April

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado mengungkapkan penyebab batal digelarnya pemungutan suara di RSUP Prof RD Kandou Manado pada hari H Pemilu serentak

Begini Penjelasan KPU Manado soal Batalnya Pemungutan Suara di RSUP Kandou pada 17 April
tribun manado/fernando lumowa
Komisioner KPU Kota Manado, Abdul Gafur S. 

Begini Penjelasan KPU Manado soal Batalnya Pemungutan Suara di RSUP Kandou pada 17 April

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado mengungkapkan penyebab batal digelarnya pemungutan suara di RSUP Prof RD Kandou Manado pada hari H Pemilu serentak, Rabu 17 April lalu.

Abdul Gafur S., Komisioner KPU Kota Manado mengatakan, hal itu disebabkan persoalan teknis. Waktu itu, KPU memutuskan bakal menggelar Kotak Suara Keliling (KSK) di RSUP Kandou Manado.

Baca: KABAR TERBARU Oma Martha 82 Tahun Dinikahi Sofian Loho 28 Tahun: Jangan-jangan Sudah Merindu

"Semua sudah siap di lapangan waktu itu. Logistik dan petugas siap ke sini tapi saksi-saksi parpol menolak untuk datang," ujar Abdul usai pemungutan suara ulang di RSUP Kandou Manado, Sabtu (27/4/2019).

Karena tak ada kepastian, agenda pemungutan suara terpaksa dibatalkan. "Karena ketidakpastian, penolakan dari saksi parpol dan kita terkendala waktu akhirnya tidak jadi," katanya.

Sebelumnya Wim Warouw SH, Kasubag Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai RSUP Prof Kandou Manado mengatakan, baru kali pada Pemilu 2019 ini terjadi ketidakpastian.

"Sebelumnya tahun 2009 dan 2014 ad TPS sendiri di sini. TPS khusus. Entah kenapa kali ini cuma Kotak Suara Keliling atau apalah namanya," kata Wim.

Ia bilang, Direksi RSUP Kandou telah memfasilitasi KPU untuk menyediakan daftar pasien, keluarga dan tenaga medik yang berhak memilih pada 17 April lalu.

Waktu itu, ada sedikitnya 1.400-an orang tak bisa memilih. Selain pasien dan penjaga yang jumlahnya 800-an orang, sisanya ialah dokter residen, dokter co-ass dan tenaga kesehatan lainnya.

Baca: Foto Jakunnya Viral di Medsos, Lucinta Luna Balas Unggah Ini, Simak Kehebohannya

Pada pemungutan suara susulan kali ini, Daftar Pemilih Tetap (DPT) tinggal 220 orang yang terdiri dari 152 dokter residen dan co-ass dan tenaga kesehatan lainnya. "Mereka ini yang tidak memilih pada 17 April lalu," ujar Wim.(ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved