Pemerintahan

Mendagri Sarankan Sandiaga Uno Tak Kembali Diajukan Sebagai Wagub Kalau Kalah Pilpres

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyarankan Sandiaga Uno tak kembali diajukan menjadi wakil gubernur DKI Jakarta jika nanti dinyatakan kalah

Mendagri Sarankan Sandiaga Uno Tak Kembali Diajukan Sebagai Wagub Kalau Kalah Pilpres
TRIBUN/DANY PERMANA
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo 

TRIBUNMANADO.CO.ID — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyarankan Sandiaga Uno tak kembali diajukan menjadi wakil gubernur DKI Jakarta jika nanti dinyatakan kalah Pilpres 2019.

Sebab, Sandiaga telah mundur dari jabatan itu saat maju sebagai calon wakil presiden mendamping Prabowo Subianto.

"Menurut saya, yang bersangkutan sudah minta mundur secara sukarela. Ya seyogianya tidak kembali lagi," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Kendati demikian, Tjahjo mengakui tak ada aturan yang melarang Sandiaga untuk bisa kembali menduduki jabatan lamanya.

Sebab, posisi wagub DKI yang sudah delapan bulan kosong adalah kewenangan Partai Gerinda dan PKS sebagai partai pengusung Anies-Sandi pada Pilkada 2017.

Tjahjo hanya menilai tidak pas jika Sandiaga yang sudah mundur kembali menduduki jabatan tersebut.

"Ya kan sudah terbuka menyatakan 'Saya mundur untuk fokus pada cawapres'. Dan Partai juga sudah berkutat bergumul mengusung para calonnya (untuk posisi) wagub itu. Sudah pusing tujuh keliling," kata Tjahjo.

Sandiaga mundur dari wagub DKI pada Agustus 2017 karena ingin fokus pada pencalonannya sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Saat itu, Sandiaga memilih mengundurkan diri kendati bisa cuti. Setelah Sandiaga mundur, Gerindra dan PKS tak juga menyepakati siapa sosok yang diusulkan untuk menggantikan Sandiaga.

Wacana Sandiaga kembali ke posisi wagub DKI Jakarta muncul setelah hasil hitung cepat menunjukkan Prabowo-Sandi kalah dari pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Halaman
12
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved