Pemilu 2019

Jobby: Bawaslu Mitra Seriusi Pelanggaran Pemilu

Bawaslu Kabupaten Mitra mengaku menseriusi sejumlah dugaan pelanggaran Pemilu sejak pemungutan suara sampai pada proses rekapitulasi.

Jobby: Bawaslu Mitra Seriusi Pelanggaran Pemilu
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Jobby: Bawaslu Mitra Seriusi Pelanggaran Pemilu 

Jobby: Bawaslu Mitra Seriusi Pelanggaran Pemilu

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengaku menseriusi sejumlah dugaan pelanggaran Pemilu sejak pemungutan suara sampai pada proses rekapitulasi.

"Kami dari Bawaslu sangat menseriusi sejumlah indikasi pelanggaran pada Pemilu. Itu sejak hari pemungutan suara, perhitungan di tingkat TPS, sampai pada rekapitulasi tingkat kecamatan," kata Ketua Bawaslu Mitra Jobby Longkutoy, Rabu (24/04/2019).

Dia mengungkapkan, sejumlah dugaan pelanggaran seperti adanya pemilih yang tidak masih masuk daftar pilih tapi bisa memilih.

Adanya pemilih yang bisa memilih lebih dari satu kali di TPS berbeda, ada dugaan pelanggaran prosedur dalam pemungutan suara sampai rekapan, serta ada dugaan pengelembungan suara.

"Ini sebagian dari dugaan pelanggaran yang kami dapatkan informasinya di lapangan. Dan kebanyakan ada unsur pidananya," kata Jobby.

Dia menambahkan, sampai saat ini sejumlah dugaan pelanggaran sedang dilakukan kajian oleh pihak panitia pengawas kecamatan (Panwascam).

"Tapi sampai saat ini juga masih sejumlah dugaan pelanggaran ini dalam kajian dari Panwascam. Kami tinggal menunggu hasil mereka," jelasnya.

Khusus untuk laporan dugaan pelanggaran Pemilu, yakni mempengaruhi pemilih di dalam TPS kata Jobby pihak masih mengkajinya bersama dengan pihak Kepolisian dan Kejaksaan.

"Terkait laporan dugaan mempengaruhi pemilih di TPS kami sedang kaji di Gakumdu, tinggal lihat saja nanti hasil kajiannya seperti apa," tandasnya.

(Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw)

BERITA POPULER:

Baca: VIDEO Diduga 7 Artis Asyik Masturbasi, Jonatan Christie hingga Kriss Hatta Lakukan Berbagai Gaya

Baca: Berikut Prediksi 12 Wajah Baru Penghuni DPRD Sulut

Baca: Wajah Baru Dominasi DPRD Manado

TONTON JUGA:

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved