Kotamobagu

Diamankan Pol PP Empat Pedagang Beras Terpaksa Harus Ikut Sidang Tipiring

sejumlah pedagang Pasar 23 Maret Kotamobagu mendatangi Kantor Dinas Sat Pol PP dan Damkar di Jalur Dua Jalan Paloko Kinalang

Diamankan Pol PP Empat Pedagang Beras Terpaksa Harus Ikut Sidang Tipiring
Istimewa
Sat Pol PP di Kotamobagu mengamankan para pedagang yang melanggar Perda 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Rabu (24/04/2019) sore, sejumlah pedagang Pasar 23 Maret Kotamobagu mendatangi Kantor Dinas Sat Pol PP dan Damkar di Jalur Dua Jalan Paloko Kinalang, Kelurahan Kotobangon Kotamobagu Timur.

Mereka datang untuk menjemput barang dagangan yang diamankan Sat Pol PP karena berjualan melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Kotamobagu Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.

Sat Pol PP mengamankan bukan hanya barang dagangan milik empat pedagang saja, melainkan ada beberapa pedagang lainnya.

"Kami mengamankan sembako, ayam, dan beras. Sebelumnya sejak Pukul 05.00 Wita anggota sudah turun menyampaikan informasi ini. Namun hingga siang pedagang masih berjualan di tempat yang dilarang," ujar Bambang Dachlan Kabid Keamanan dan Ketertiban Umum Dinas Sat Pol PP dan Damkar Kotamobagu.

Ada sembilan pedagang yang ditertibkan. Empat pedagang beras, tiga pedagang barito, dan tiga pedagang ayam. "Namun yang sudah datang ke kantor itu baru empat pedagang beras," ujar Bambang.

Selanjutnya kata Bambang, empat pedagang tersebut akan mengikuti sidang tipiring di Pengadilan Negeri Kotamobagu.

"Sesuai jadwal, sidang tipiring bagi empat pedagang beras tersebut akan dilaksanakan pada Jumat pekan ini," ujar Bambang.

Rudi (60) Pedagang Beras asal Kelurahan Kotobangon mengatakan memang dirinya telah berjualan di Jalan Bogani Pasar 23 Maret.

"Sudah beberapa tahun saya berjualan. Ketika ada penertiban seperti ini saya ikuti saja arahan petugas. Saya tidak melawan saat dagangan saya diamankan. Namun kami minta solusi dimana lokasi yang boleh untuk kami berjualan," ujar Rudi. 

Sat Pol PP Kotamobagu turun melakukan penertiban di Pasar 23 Maret tadi Pukul 11.00 Wita, diback up oleh aparat TNI dan Polri. Mereka mengamankan empat mobil dengan bak belakang terbuka yang berisi beras, sayuran yakni labu, kol, wortel, batang bawang, beras, dan ayam tiga kandang. (Handhika Dawangi)

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved