Enam Caleg Golkar Sulut Tembus Gedung Cengkih

Partai Golkar Sulut mengklaim telah mengantongi minimal 6 kursi DPRD Sulut dari 6 daerah pemilihan. Wakil Ketua I DPD Golkar Sulut, Feryando Lamaluta

Enam Caleg Golkar Sulut Tembus Gedung Cengkih
ISTIMEWA
Minsel Jadi Lautan Kuning, Tetty Paruntu Gaungkan Kemenangan Golkar Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Partai Golkar Sulut mengklaim telah mengantongi minimal 6 kursi DPRD Sulut dari 6 daerah pemilihan. Wakil Ketua I DPD Golkar Sulut, Feryando Lamaluta mengungkapkan, 6 kursi itu bisa bertambah. Kata dia, ada beberapa dapil, suara Golkar sangat signifikan. "Yang pasti target dari DPP kami prediksi sudah bisa dicapai," kata dia, Senin (22/4/2019).

Feryando mengutarakan, soal bertambahnya kursi di Gedung Cengkih, DPRD Sulut, menunggu lagi rekapan internal dan pleno rekapitulasi suara oleh KPU Sulut tingkat provinsi. Lamaluta makin optimistis Golkar menuai sukses di tahun ini.

Semua, menurutnya, berkat kerja keras Ketua DPD Sulut Christiany Eugenia Paruntu dan semua kader partai. Sebelum pemilu digelar, Golkar banyak melakukan konsolidasi sampai ke tingkat kecamatan bahkan kelurahan.

Setiap kerja keras ada hasil yang maksimal. Maka dari itu Lamaluta mintakan kader untuk persolid mesin partai sesudah pesta demokrasi lima tahunan ini.

Persaingan Dapil Kota Manado paling sengit. Sesuai data sementara dari rekap form C1, PDIP berhasil mendudukan 3 kadernya. Kemudian sejumlah partai harus berbagi 5 kursi sisanya, masing-masing 1 kursi untuk Demokrat, Nasdem, Golkar, PAN dan PKS. Ini sesuai simulasi perhitungan metode saint league.

Kursi pertama berhasil diamankan Andrei Angouw, Caleg PDIP. Caleg petahana yang menjabat sebagai Ketua DPRD Sulut diprediksi meraup suara sekitar 30 ribu suara sesuai hitungan sementara. Membuatnya ada di daftar pertama pereolehan suara terbanyak.

Kursi kedua direbut Kristo Ivan Lumentut dari Partai Demokrat.
Caleg nomor urut 1, putra dari Wali Kota Manado, Vicky Lumentut ini pada perhitungan sementara memperoleh 23.000 suara.

Jatah ketiga diamankan Richard Sualang, kader PDIP. Wakil Ketua DPRD Manado sekaligus Ketua DPC PDIP Manado ini
ada di daftar kedua perolehan suara terbanyak dari PDIP. Pada perhitungan sementara, putra alm Fredy Sualang ini meraup sekitar 15.000 suara.

Kursi keempat berhasil diamankan Partai Nasdem. Peraih suara terbanyak kemungkinan besar jatuh ke tangan Victor Mailangkay. Victor menjabat Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulut. Politisi yang satu ini bekas kader Partai Golkar. Di daftar caleg Victor berada di nomor urut 1.

Partai Golkar diprediksi juga mengamankan 1 kursi atas nama Caleg Nomor urut 1 Yonkie Limen. Ko Yongkie berstatus petahana Gedung Cengkih, berlatar belakang sebagai pengusaha perikanan.

Kursi ke-6 Dapil Manado seklaigus kursi ke-3 PDIP diprediksi menjadi milik Arthur Kotambunan. Arthur bukan orang baru di Gedung Cengkih. Ia pernah menjabat Wakil Ketua DPRD Sulut periode 2009-2014. Mantan Kader Partai Damai Sejahtera sudah hijrah ke PDIP.

Selanjutnya kursi ke-7 diprediksi jadi milik Partai Amanat Nasional. Menempatkan Caleg Ayub Ali Albugis di Gedung Cengkeh. Ayub adalah langganan DPRD Sulut, ia berstarus petahana. Saat ini menjabat Sekretaris DPW PAN Sulut. Kursi ke-8 milik PKS atas nama Caleg Amir Liputo. Amir berstatus petahana di Gedung Cengkih. (dru/ryo)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved