‎PT Pelindo Manado Rencana Buat Pelabuhan Seperti Marina Bay

PT Pelindo Cabang Manado terus melakukan perencanaan pembangunan dan pengembangan pelabuhan

‎PT Pelindo Manado Rencana Buat Pelabuhan Seperti Marina Bay
tribun manado/christian wayongkere
Suasana pelabuhan Manado yang diabadikam dari kantor PT Pelindo Cabang Manado 

‎PT Pelindo Manado Rencana Buat Pelabuhan Seperti Marina Bay

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO - PT Pelindo Cabang Manado terus melakukan perencanaan pembangunan dan pengembangan pelabuhan.

Menurut General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Manado John Lapod‎, rencana tersebut mengacu pada rencana induk pelabuhan mengingat seluruh pembangunan pelabuhan dimapun harus mengacu pada rencana induk.

"Rencana induk pelabuhan sudah ditetapkan oleh pemerintah, kami tinggal menyesuaikan dengan apa yang sudah diputuskan pemerintan terkait dengan pengembangan pelabuhan," jelas Lapod, kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Baca: Felly : Kita Dapat 9 Kursi Provinsi, Bisa Usung Calon Gubernur

Sebagaimana kita ketahui pelabuhan Manado beda dengan pelabuhan Bitung, dimana pelabuhan Manado mengusung konsep pengembangannya lebih diarahkan kepada fungsi pariwisata.

Meskipun demikian fungsi niaga juga tetap eksis dan juga pelayanan rakyat tetap diakomodir.

Terkait dengan pariwisata pihaknya tidak sendirian, dalam road map pelabuhan Manado lima tahun kedepan seperti apa dan yang dilihat secara bertahap sudah lakukan penataan kearah pengembangan fungsi pariwisata.

"Kita ketahui bersama di pelabuhan Manado ada dermaga yang eksisting yang dikelola oleh PT Pelindo dan juga dermaga pengembangan APPN itu nantinya kalau sudah siap fasilitasnya bisa KSOP akan menyerahkan kepada PT Pelindo sebagai badan usaha yang akan mengelola itu melalui bentuk KSO," jelasnya.

Baca: Berikut Prediksi 8 Caleg Peraih Kursi DPRD Sulut Dapil Manado, PDIP Rebut 3 Kursi

Lanjut Lapod ‎pengembangan pariwisata sebagaimana yang dilihat, Perda pelabuhan yang memiliki unsur sejarah ditetapkan sebagai kawasan heritage.

Inilah yang harus disesuaikan oleh PT Plindo dan akan ditindak lanjuti. Pelindo Manado sudah sempat membuat konsep 'manado marina bay' sejak tahun 2012.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved