Kartini

Christy Angel Aleng, Si Cantik yang Terinspirasi Kartini

Tanggal 21 April adalah Hari Kartini dan selalu menjadi salah satu hari yang penting bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi kaum perempuan.

Christy Angel Aleng, Si Cantik yang Terinspirasi Kartini
Istimewa
Christy Angel Aleng 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Tanggal 21 April adalah Hari Kartini dan selalu menjadi salah satu hari yang penting bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi kaum perempuan.

Pasalnya, pada hari ini di tahun 1879, lahirlah seorang perempuan bangsawan Jawa, tepatnya di tanah Jepara bernama RA Kartini yang kemudian menjadi tonggak kebangkitan seluruh perempuan Indonesia.

Seperti yang sudah kita ketahui dalam sejarah, Kartini merupakan salah satu pahlawan Indonesia yang dikenang karena jasa-jasanya dalam upaya mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan.

Kegigihan Kartini ini dikemudian hari menginspirasi perempuan-perempuan setelahnya. Namanya mengabadi, sosoknya menjadi role model: betapa perempuan haruslah bersungguh-sungguh belajar, agar mampu melawan segala bentuk kekerasan dengan cara terdidik, lewat pikiran dan pena.

Salah satu yang menjadikan sosok Kartini sebagai inspirasi yakni Christy Angel Indriani Aleng.

Mahasiswi Fakultas Hukum Unsrat Manado ini mengatakan jika perjuangan RA Kartini harus diteruskan oleh para kaum perempuan di zaman sekarang.

"Kartini adalah tokoh emansipasi yang sangat inspiratif. Sebagai kaum perempuan Indonesia, sudah seharusnya kita menjadi Kartini masa kini," ujarnya, saat dihubungi Tribun Manado, Senin (22/4/2019).

Dara asal Amurang, Minahasa Selatan (Minsel) tersebut mengatakan dewasa ini masih sangat banyak kaum perempuan yang menjadi korban kekerasan.

"Kekerasan kepada perempuan ini harus dihentikan. Karena pada dasarnya perempuan mempunyai hak yang sama, untuk sukses dan tidak selalu dianiaya didalam lingkungan rumah tangga," tegasnya.

Gadis yang punya hobby membaca ini juga berpesan, agar para kaum perempuan zaman now tidak menyerah pada keadaan.

"Jangan menyerah karena hidup susah. Ingat saat ini banyak wanita-wanita hebat di luar sana yang sukses, tapi berawal dari hidup susah," tandasnya. (Nielton Durado)

Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved