Uskup Rolly Persembahkan Misa Vigili Paskah di Katedral Manado

Uskup Keuskupan Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mempersembahkan Vigili Paskah di gereja Hati Tersuci Maria Katedral Manado

Uskup Rolly Persembahkan Misa Vigili Paskah di Katedral Manado
Istimewa
Uskup Rolly Persembahkan Misa Vigili Paskah di Katedral Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Uskup Keuskupan Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mempersembahkan Vigili Paskah di gereja Hati Tersuci Maria Katedral Manado

Misa dimulai dengan Upacara cahaya (Pemberkatan api baru, pemberkatan Lilin Paskah, perarakan masuk ke gereja dan pujian Paskah/exultet) di depan gereja. Kemudiam ada Liturgi Sabda, Liturgi babtis (Litani orang kudus, pemberkatan air babtis – upacara pembabtisan, pemberkatan air suci, pembaharuan janji babtis) dan ditutup Liturgi Ekaristi.

Dalam Upacara Cahaya, lilin Paskah (lilin putih besar dengan goresan salib berwarna merah yang sudah digunakan Gereja sejak abad IV) sebagai lambang cahaya Kristus yang bangkit dinyalakan dengan kata-kata tertentu. Ada juga kata-kata dan ritus tertentu dibuat sebelum itu. Lilin Paskah diarak masuk ke dalam gereja yang dalam keadaan gelap untuk mulai memberi terang dalam kegelapan.

Cahaya Lilin Paskah ini diberikan kepada umat pada lilin di tangan sebagai lambang saling berbagi terang Kristus. Bacaan Kitab Suci pada Perayaan Malam Paskah di Katedral juga ada 5 bacaan (tiga bacaan dari Perjanjian Lama, 1 bacaan Epistola, dan Injil) dari 9 bacaan.

Baca: Paskah 2019 - Inilah 10 Simbol Paskah dan Artinya, Ada Salib hingga Kelinci

Yang dibacakan juga kisah penciptaan, pembebasan Israel menyeberangi Laut Merah (Paskah Israel) dan menjadi anak angkat Allah (Yeh 36)].

Setiap bacaan ditanggapi umat beriman dengan bermazmur. Setelah setiap mazmur dibacakan, ada doa dari pemimpin perayaan (imam) yang memaknai Sabda Allah itu dalam terang Yesus Kristus, Putera Allah.

Dalam renungannya ia mengatakan Allah telah menciptakan semua baik. Selain menciptakan manusia, Tuhan menciptakan alam ciptaan dan suatu bangsa sebagai wadah bersekutu.

Baca: SELAMAT PASKAH, Melihat Kisah Sengsara Yesus Dalam Film The Passion Of The Christ , Nonton Filmnya

"Bangsa itu jatuh dalam dosa dan dibuang ke Syria dan Babilonia. Tapi Allah kemudian menerima mereka menjadi umat-Nya, karena itu mereka diminta berbalik kepada Allah," katanya.

Allah melanjutkan persekutuan itu. Yesus menebus dosa dengan wafat di kayu salib.

"Kemudian ada berita kebangkitan. Itu tidak mudah diterima. Hoaks atau cerita bohong diceritakan oleh mereka yang tidak senang kebangkitan Yesus dengan menyebarkan berita jenasah Yesus dicuri. Tapi para murid dengan iman percaya bahwa Yesus bangkit," ujarnya.

Ia mengatakan perayaan Paskah berarti kalau kita memaafkan kesalahan orang lain. Sebagai wadah persekutuan umat Allah, semua tiap saat mengikuti Ekaristi dan menunjukkan Tuhan bangkit. (dma)

Berita Populer: Kondisi Sandiaga Uno Setelah Pemilu 2019, Tak Mau Kompromi Lagi, 8 Bulan Menyapa Masyarakat

Penulis: David_Manewus
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved