Daerah

Dinsos Bayar Rp33,5 Juta ke Petugas Pemutakhiran Dataa, Rudi: Baru 67 Petugas Selesai Mendata

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Boltim, Rudi Malah mengatakan, baru 67 petugas dari 80 yang berhasil selesaikan data pemutakhiran

Dinsos Bayar Rp33,5 Juta ke Petugas Pemutakhiran Dataa,  Rudi: Baru 67 Petugas Selesai Mendata
tribunmanado.co.id/Vendi Lera
Dinsos Bayar Rp33,5 Juta Ke Pertugas Pemutahiran Data 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Boltim, Rudi Malah mengatakan, baru 67 petugas dari 80 yang berhasil selesaikan data pemutakhiran bantuan kesejakteran masyarakat.

"Masih ada 13 petugas di 13 desa yang belum memasukan data. Pada hal waktu yang kami berikan sampai pada tanggal 16 April 2019," ujar Rudi Malah.

Bagi yang telah selesai melaksanakan tugas mendata dan menverifikasi telah diberikan upah per orang Rp500 ribuh rupiah. Total yang sudah dikeluarkan Dinsos Rp33,5 juta. Sisa belum dibayar 13 petugas Rp6,5 juta rupiah.

Petugas pemutakhiran data bertugas mengkoreksi dan mendata kembali, bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), BPJS Kesehatan, Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH), Jaminan Hari Tua (JHT), Cacat dan Rastra.

Data yang telah dimasukan petugas pemutakhiran, akan diverifikasi kembali oleh petugas Dinsos. Untuk mengecek kembali kebenaran data tersebut.

Petugas harus benar menilai dan teliti keluarga yang didata. Apakah layak atau tidak dibantu. Tidak dibenarkan memberikan data palsu, bisa berakibat terjerat hukum.

Pemberian data palsu melanggar Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) pasal 263 dengan sanski pidana penjara paling lambat enam tahun serta diharuskan membayar kerugian.

"Kami akan memanggil lagi petugas jika ada masalah terhadap data yang diberikan," ujar dia lagi

Kepala Seksi Idetifikasi Penguatan Kapasitas, Dinas Sosial, Fiju Mokali mengatakan, petugas akan kembali mendata lagi bulan Oktober.

"Mereka akan selesaikan data yang belum valid, sebab datanya harus real, untuk dikirim ke Pusat. Ini pendataan terakhir," ujar Fiju Mokali.

Petugas direkrut berdasarkan rekomendasi dari 80 desa di Kabupaten Boltim. Jadi mereka lebih tahu keadaan dan lokasi yang mereka data. (Vendi Lera)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved