Bawaslu Bolmong Siap Tindaklanjuti Laporan Kecurangan

Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) siap menindaklanjuti semua laporan yang masuk terkait adanya indikasi kecurangan

Bawaslu Bolmong Siap Tindaklanjuti Laporan Kecurangan
TRIBUNMANADO/MAICKEL KARUNDENG
Ketua Bawaslu Bolmong Pangkarego 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) siap menindaklanjuti semua laporan yang masuk terkait adanya indikasi kecurangan dalam proses pengisian data C1.

Ketua Bawaslu Bolmong Pangkarego mengatakan Minggu (21/04/2019) bahwa adanya laporan yang masuk awalnya dugaan. Namun juga tidak sertamerta divonis penggelembungan karena kasus ini baru dilaporkan ke Bawaslu.

Bawaslu memberikan informasi terkait tata cara atau mekanisme penanganan pelanggaran berdasarkan peraturan Bawaslu.

Bawaslu Bolmong akan ditindak lanjuti, sebab kasus yang dilaporkan belum teregistrasi karena pelapor mengajukan laporan di luar hari kerja, sehingga akan diregistrasi pada hari kerja dan akan diproses lebih lanjut.

Ia menjelaskan, terkait kasus adanya oknum pejabat Bolmong yang diduga terlibat, Bawaslu juga akan melakukan investigasi mendalam tentang kebenaran pada lokus kejadian dengan mekanisme pengawasan sebagaimana diatur dalam peraturan Bawaslu 21 tentang pengawasan pemilihan umum.

Pangkarego menambahkan, sikap Bawaslu dalam hal ini adalah tetap akan menindak lanjuti laporan dugaan pelanggaran sebagaimana peraturan dan perundang undangan yang berlaku, baik itu berdasarkan aturan pemilu dan aturan lainnya terkait dengan keterlibatan atau keberpihakan dan Netralitas ASN.

Selain itu, mekanisme pengawasan tetap jalan dan investigasi dugaan ini akan kami dalami atau mencari kebenaran tentang kasus yang sementara menjadi perbincangan media ataupun masyarakat Bolaang Mongondow.

"Proses pleno di Kecamatan juga masih sementara berlangsung, sehingga memudahkan Bawaslu untuk melakukan pembuktian terhadap dugaan pelanggaran atau rumor yang beredar dan jika terbukti penggelembungan, maka kami juga akan melakukan proses kepada penyelenggara yang terlibat di dalamnya," tegas Pangkerego.

Bawaslu menegaskan bahwa tidak ada toleransi bagi pihak penyelenggara pemilu jika terbukti terlibat melakukan penggelembungan jika memang ada penggelembungan suara.

"Sekecil lubang jarumpun tidak akan kami berikan ruang untuk melakukan kecurangan, jika ditemukan maka bisa menguatkan kami untuk melakukan penanganan pelanggaran. Kamipun percaya bahwa pengawasan melekat yang dilakukan oleh PTPS dan Panwaslu Kecamatan akan berjalan semaksimal mungkin. Amanat kami menjaga marwah demokrasi di Bolaang Mongondow," tandas Pangkerego. 

Follow juga akun instagram tribunmanado

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube tribunmanadoTV

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved