Nasional

Seorang Penumpang Langsung Diturunkan Pihak Lion Air Lantaran Sebut Ada Bom di Dalam Tas

Pesawat dengan nomor penerbangan JT-303 pun sempat delay selama satu jam 30 menit.

Seorang Penumpang Langsung Diturunkan Pihak Lion Air Lantaran Sebut Ada Bom di Dalam Tas
tribunnews
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Manajemen Lion Air menurunkan seorang penumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-303 rute Bandara Kualanamu - Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Sabtu (20/4/2019).

Pesawat dengan nomor penerbangan JT-303 pun sempat delay selama satu jam 30 menit.

Kebijakan tersebut dilakukan karena penumpang tersebut menyatakan ada bom di dalam tas yang dibawanya saat ditanya oleh kru yang bertugas.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan persnya mengatakan, kronologi pernyataan 'bom' tersebut saat seorang penumpang pria berinisial MT (50) menyampaikan ada bom di dalam tas yang ia bawa.

"Situasi ini terjadi saat MT masuk ke kabin pesawat, setelah salah satu awak kabin mengajukan pertanyaan dua kali tentang barang bawaan," tulis Danang.

Pertanyaan ini merupakan standar security question berdasarkan hasil pengamatan atau profiling terhadap barang yang dibawa penumpang ke kabin.

"Dengan kerjasama yang baik antara awak pesawat, petugas layanan di darat serta petugas keamanan, maka proses pemeriksaan dapat diselesaikan secara teliti, tepat dan benar," tegasnya.

Dalam upaya menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, awak pesawat, petugas layanan darat (ground handling), petugas keamanan (aviation security) beserta pihak terkait berkoordinasi dengan menjalankan prosedur tindakan berdasarkan standar penanganan ancaman bom (standard security bomb threat procedures).

Lion Air, jelasnya, tidak memberangkatkan MT (offload) dan telah menyerahkan MT ke pihak avsec bandar udara dan kepolisian untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Ia juga memastikan bahwa pesawat dinyatakan aman (safe to flight) dan dapat diterbangkan kembali. Penerbangan JT-303 lepas landas dari Kualanamu pukul 13.20 WIB dari jadwal seharusnya pada 11.50 WIB.

Pesawat telah mendarat di Soekarno-Hatta pada 15.16 WIB.

Baca: 5 Tipe Orang yang Rentan Kena Kanker Darah

Baca: Anak Punya Indra Bawaan Soal Besarnya Porsi Makan Agar Ia Tumbuh Sehat, Jadi Janga Dipaksa Ya!

Baca: (VIDEO) Liga Inggris - Link Live Streaming Newcastle Vs Southampton, 20 April 2019, Tonton di Ponsel

TAUTAN: http://www.tribunnews.com/regional/2019/04/20/sebut-ada-bom-di-dalam-tas-lion-air-turunkan-penumpang-kualanamu-cengkareng.

Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved