Pilpres 2019

Tahukah Anda Ada Sebanyak 1.395 TPS yang Akan Gelar Pemilu Susulan? Ini Penyebabnya

Komisioner KPU Kota Jambi Hajairin mengatakan dari hasil koordinasi dengan masyarakat, disepakati pemilihan ulang dilakukan Kamis (18/4).

Tahukah Anda Ada Sebanyak 1.395 TPS yang Akan Gelar Pemilu Susulan? Ini Penyebabnya
tribun riau
Logo Pemilu 2019 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 1.395 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berpotensi dilakukan pemungutan suara susulan. Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Fritz Edward Siregar menjelaskan terdapat 367 TPS di Distrik Abepura Jayapura dan 335 TPS di Distrik Jayapura Selatan di Kota Jayapura yang akan dilakukan pemungutan suara susulan.

Tak hanya di Jayapura, ada 228 TPS di Kabupaten Intan Jaya berpotensi mengulang pencoblosan.

“Di distrik kabupaten Intan Jaya 228 TPS sehingga total TPS berpotensi pemungutan suara susulan 1.395 TPS,” kata Fritz di Jakarta, Rabu (17/4).

Fritz menjelaskan rata-rata permasalahan itu terjadi karena keterlambatan logistik pemungutan suara. Ada pula karena tidak ada warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dikatakannya pula ada 38 TPS yang berpotensi melakukan pemungutan suara ulang. Di antaranya di TPS 68 Tower Lotus Apartemen Kalibata City Jakarta Selatan.

Komisioner Bawaslu Jakarta Selatan Abdul Salam mengatakan sebab musabab Bawaslu Jakarta Selatan merekomendasikan pemungutan suara ulang karena ada satu pemilih bernama Isty Firnasari yang menggunakan KTP luar Jakarta.

“Atas kelalaian petugas KPPS. Kami merekomendasikan dan yang memutuskan KPU bahwa di TPS ini ada pemungutan suara ulang dalam tempo 10 hari,” kata Abdul Salam.

Baca: Rocky Gerung: Kalian Udah Menang tapi Masih Caci-maki Gue. Ya Tetap Dungu

Baca: Inul Daratista Nyoblos Pake Daster, Kalung Berliannya Bikin Salah Fokus

Baca: Saat Mencoblos Ifan Seventeen Temukan Foto Almarhum Dylan, Arumi Kaget Lihat Foto Alm Eril

Di Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi, sebanyak 21 TPS juga akan melakukan pemungutan suara susulan. Itu karena kebanjiran. Akibatnya banyak kotak suara yang berisikan surat suara rusak.

Komisioner KPU Kota Jambi Hajairin mengatakan dari hasil koordinasi dengan masyarakat, disepakati pemilihan ulang dilakukan Kamis (18/4).

“Pemilihan Kamis pagi besok itu bagi warga yang belum memilih di 21 TPS, dan saya harap masyarakat yang sudah memilih bisa mendukung melancarkan pemilihan karena TPS dilanda banjir saat hujan deras,” ujarnya.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pemungutan suara susulan bisa diputuskan KPU lokal. “Rekomendasikan tidak perlu sampai ke KPU RI, misalnya ada pemungutan suara susulan karena sesuatu hal itu bisa diputuskan di tingkat lokal,” ujarnya.

Menurutnya, penyelesaian masalah pada tingkat kabupaten/kota dapat dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan Bawaslu setempat. “Beberapa hal yang misalnya KPU kabupaten/kota bersama Bawaslu kabupaten/kota berkoordinasi, lalu mengeluarkan kebijakan bisa cukup diselesaikan di tingkat lokal saja,” tuturnya.

Tautan: http://banjarmasin.tribunnews.com/2019/04/18/sebanyak-1395-tps-gelar-pemilu-susulan-ini-penyebab-utamanya-kata-anggota-bawaslu

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved