Berita Tomohon

Eman Buka Koordinasi Terpadu Lintas Program dan Lintas Sektor BOK 2019

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SEAk CA membuka kegiatan Koordinasi Terpadu Lintas Program dan Lintas Sektor BOK 2019.

Eman Buka Koordinasi Terpadu Lintas Program dan Lintas Sektor BOK 2019
ISTIMEWA
Eman Buka Koordinasi Terpadu Lintas Program dan Lintas Sektor BOK 2019 

Eman Buka Koordinasi Terpadu Lintas Program dan Lintas Sektor BOK 2019

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON - Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SEAk CA membuka kegiatan Koordinasi Terpadu Lintas Program dan Lintas Sektor Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon, bertempat di Aula Naga Mas Tomohon, Sulawesi Utara, Senin (15/04/2019)

Dalam sambutanya Eman menyampaikan pada era globalisasi, pembangunan kesehatan di Indonesia lebih menitik beratkan pada aspek preventif dan promotif dengan tidak meremehkan aspek kuratif dan rehabilitatif.

Derajat kesehatan merupakan pilar utama selain ekonomi dan pendidikan yang akan membangun kualitas suatu bangsa.

Oleh karena itu, dibutuhkan proses pembangunan kesehatan masyarakat yang berkesinambungan dan intensif.

"Dalam rangka membangun kesehatan masyarakat Indonesia, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan meluncurkan beberapa program yang diharapkan akan semakin mempercepat proses pembangunan kesehatan di Indonesia, salah satunya adalah dengan meluncurkan program BOK (Bantuan Operasional Kesehatan).  definisi dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) adalah bantuan dana dari pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dalam membantu pemerintah Kota Tomohon melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan. Maka dari itu pemerintah ingin meningkatkan peran Puskesmas melalui upaya merevitalisasinya yaitu menjadikan Puskesmas sebagai pusat pemberdayaan wilayah berwawasan kesehatan dan sebagai pusat layanan kesehatan primer. BOK diharapkan akan semakin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dan menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang sehat," katanya

Semua itu katanya tidak akan sukses tanpa adanya kontribusi dari semua pihak termasuk juga masyarakat. Intinya Puskesmas menyelenggarakan kegiatan kesehatan yang promotif dan preventif bukan pengobatan dan rehabilitasi penderita sesuai standar pelayanan minimal.

Puskesmas dan jaringannya sebagai fasilitas pelayanan kesehatan terdepan yang bertanggung jawab di wilayah kerjanya.

"Penyaluran dana BOK merupakan salah satu bantuk tanggung jawab pemerintah dalam pembangunan kesehatan bagi masyarakat di pedesaan/kelurahan khususnya dalam meningkatkan upaya kesehatan promotif dan preventif guna tercapainya terget Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan, sebagai tolak ukur urusan kewenangan wajib bidang kesehatan yang telah dilimpahkan oleh pemerintah kepada pemerintah daerah," ujarnya.

Hadir sebagai narasumber mewakili Kajari Tomohon Kasie Intel Kejari Tomohon Wilke Rabeta, SH, kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon Dr. Deesje Liuw, M.Biomed, serta para peserta yang berasal dari seluruh Puskesmas di Kota Tomohon.

(Tribun Manado/David Manewus)

BERITA POPULER:

Baca: Berdiri 10 Jam Jaga TPS WNI di KBRI Singapura, Kejanggalan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Baca: Kronologi Gadis Cantik di Manado Ditikam Pacarnya, Berawal Pesta Miras Bersama

Baca: Alami Mermaid Syndrome, Rupa Bayi-Bayi Ini Bak Putri Duyung

TONTON JUGA:

Penulis: David_Manewus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved