Pendidikan

Dinas Pendidikan Mencatat, Warga Tak Berijazah SD di Boltim Sebanyak 11.095 Orang

Data ini diambil sejak 2017 oleh dinas Pendidikan Kabupaten Boltim, berdasarkan ijazah yang tidak lulus sekolah dasar (SD), di tujuh Kecamatan.

Dinas Pendidikan Mencatat, Warga Tak Berijazah SD di Boltim Sebanyak 11.095 Orang
Pixabay
Ilustras 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Warga yang tidak lulus Sekolah Dasar di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), capai 11.095 orang.

Data ini diambil sejak 2017 oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Boltim, berdasarkan ijazah yang tidak lulus sekolah dasar (SD), di tujuh Kecamatan.

Mulai dari Kotabunan 1130, Tutuyan 990, Motongkad 789, Nuangan 1680, Mooat 150, Modayag 622 dan Modayag Barat 5734 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boltim, Yusril Damopolii
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boltim, Yusril Damopolii (tribunmanado.co.id/Vendi Lera)

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boltim, Yusril Damopolii, telah membuat program ijazah paket A,B dan C.

"Ada sekitar 1600 ijazah paket A,B dan C yang akan dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim kepada masyarakat," ujar Yusril Damopolii, Minggu (14/4/2019).

Lanjut dia, jumlah lulusan SD,SMP dan SMA mengalami peningkatan, karena adanya program paket A,B dan C.

Selain itu, jumlah lulusan sarjana di Boltim, awalnya tahun 2010 berjumlah 187 guru, kini mencapai 2000 sarjana dengan berbagai ilmu.

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar mengatakan, pendidikan dan kesehatan menjadi perioritas visi dan misi bupati dan wakil bupati.

"Sudah ada peningkatan bidang pendidikan, karena Pemkab Boltim, telah dibangun infrastruktur serta berikan beasiswa terhadap siswa kurang mampu dan prestasi," ujar Sehan Landjar.

Ia menambahkan, program anak asuh untuk lulusan Sarjana telah dianggarkan hingga delapan semester. Awalnya hanya 3-4 semester. (tribunmanado.co.id/Vendi Lera)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved