Saksi Dengar Ledakan, Api dari Kapal Pengangkut BBM Sempat Merembet ke Perumahan

Kapal pembawa BBM terbakar di Mamberamo Raya, Papua. Saksi mendengar suara ledakan dari KM Sumber Harapan.

Saksi Dengar Ledakan, Api dari Kapal Pengangkut BBM Sempat Merembet ke Perumahan
TMC Polda Metro Jaya
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - KM Sumber Harapan yang mengangkut BBM industri terbakar di Pelabuhan Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Jumat (12/4/2019) dini hari.

Sebelumnya kapal tersebut berlayar dari Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, dengan membawa BBM jenis premium non-subsidi.

"Pada pukul 03.20 WIT saat itu para saksi sedang tidur tiba-tiba saksi mendengar bunyi ledakan setelah itu keluar untuk mengecek ternyata api sudah membesar di depan kapal," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal, melalui rilis, Sabtu (13/4/2019).

Kemudian saksi berusaha untuk memadamkan api dengan air namun api tambah membesar dan mulai merambat ke perumahan warga yang ada di sekitar pelabuhan.

Kamal mengatakan, karena api tak kunjung padam, maka masyarakat dan kru kapal memutuskan untuk memotong tali pengikat sehingga kapal hanyut ke sungai dalam keadaan terbakar.

"Api sempat merambat ke bagian depan Kapal Tiga Samudara milik H Idris yang ada di belakang, namun dengan cepat diselamatkan sehingga hanya bagian depan kapal tersebut yang terbakar," tutur dia.

Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan kerugian material kurang lebih Rp 500 juta, baik dari kapal maupun BBM yang masih berada di dalam kapal.

Polres Mamberamo Raya tengah melakukan penyelidikan dan memintai keterangan dari lima orang saksi yang nerupakan ABK KM Sumber Harapan untuk mengetahui penyebab terbakarnya kapal tersebut.

"Saat ini, para ABK sementara dibawa ke Mapolres untuk dimintai keterangan guna mengetahui penyebab kebakaran," kata Kamal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Mamberamo Raya, Papua"

Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved