Pedagang Kecil di India Ini Sisihkan Uang agar Masyarakat Memilih

Dia tak peduli dengan perkataan teman dan keluarganya yang menyebut apa yang dilakukan Lal Mani bisa membahayakan masa depan keempat anaknya.

Pedagang Kecil di India Ini Sisihkan Uang agar Masyarakat Memilih
NDTV
Lal Mani Das 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Lal Mani Das meninggikan suaranya berusaha mengalahkan keriuhan pagi di luar sebuah stasiun kereta api di Patna, India.

Lal Mani hanya mengingatkan kepada warga kota itu agar memberikan suara untuk demokrasi yang kuat.

Pria 45 tahun asal negara bagian Bihar itu bukanlah politikus yang sedang mencari suara atau pegawai komisi pemilihan umum India.

Dia hanya seorang penjaja makanan yang setiap hari  berkeliling kota naik sepeda.

Namun, dia memiliki misi agar warga India bisa memilih dengann cerdas dalam pemilihan umum terbesar di dunia itu.

"Saya merasa harus melakukan sesuatu agar warga tidak membuang suara mereka dengan memilih kandidat yang salah atau tidak memilih sama sekali," kata Lal Mani sambil mengayuh sepedanya di keramaian kota.

Demi demokrasi, Lal Mani harus membagi waktunya antara berjualan di malam hari dengan misi "Cycle Jagrukta Yatra" atau "Perjalanan untuk Meningkatkan Kesadaran".

Dengan ribuan kandidat yang memperebutkan 900 juta suara demi 543 kursi parlemen, Lal Mani amat prihatin dengan kualitas sebagian besar kandidat.

"Memilih di India dilakukan hanya berdasarkan citra kandidat atau dorongan partai politik," ujar Lal Mani.

"Tak ada yang peduli apakah kandidat itu pantas dipilih atau tidak, seperti seberapa jujur dia atau apakah dia seorang penjahat," lanjut bapak empat anak itu.

Untuk menyampaikan pesannya, Lal Mani harus berhadapan dengan berbagai macam orang. Dia menjelaskan pentingnya warga menjalankan hak demokrasi berupa memberikan suara.

Demi misinya itu Lal Mani harus menyisihkan uang 10.000 ruppee atau sekitar Rp 2 juta dari kantongnya sendiri untuk mencetak selebaran yang berisi pandangannya untuk India.

Dia tak peduli dengan perkataan teman dan keluarganya yang menyebut apa yang dilakukan Lal Mani bisa membahayakan masa depan keempat anaknya.

Teman-teman dan keluarga Lal Mani mengatakan, pria itu seharusnya menyisihkan uang hasil kerjanya untuk masa depan anak-anak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perjuangan Pedagang Kecil Cerdaskan Rakyat saat Memilih Anggota DPR"

Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved