Panglima Militer Sudan Mengundurkan Diri Sehari setelah Dilantik

Jenderal Awad Ibn Ouf mengumumkan pengunduran dirinya setelah dilantik pada Kamis (11/4/2019) malam menyusul pendongkelan Presiden Omar al-Bashir.

Panglima Militer Sudan Mengundurkan Diri Sehari setelah Dilantik
cyboks news
Jenderal Awas Ibn Ouf 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Panglima militer Sudan mengundurkan diri dari jabatannya, Jumat (12/4/2019), hanya sehari setelah dilantik.

Jenderal Awad Ibn Ouf mengumumkan pengunduran dirinya setelah dilantik pada Kamis (11/4/2019) malam menyusul pendongkelan Presiden Omar al-Bashir

"Saya mengumumkan pengunduran diri sebagai ketua Dewan MiliterTransisional," ujar Jenderal Awad sambil mengatakan dia telah menunjuk Jenderal Abdel Fattah al-Burhan Abdulrahman sebagai penggantinya.

"Saya memercayai pengalaman dan kepantasan Jenderal Abdulrahman untuk membawa kapal ini dengan selamat ke pantai," tambah Awad.

Langkah  Awad ini diambil setelah ketua dewan politik Letnan Jenderal Omar Zain al-Abdin menyampaikan pidatonya di televisi.

Dalam pidato yang ditujukan untuk para diplomat Arab dan Afrika itu, Omar Zain mengatakan, tentara tidak melakukan kudeta tetapi berpihak pada keinginan rakyat.

Lengsernya Jenderal Awad menjadi sebuah pertanda jelas adanya kebingungan di antara para pemimpin Sudan setelah tersingkirnya Omar al-Bashir.

Di sisi lain, muncul kegembiraan dan perayaan di jalanan ibu kota Khartoum.

Puluhan ribu pengunjuk rasa menggelar doa bersama di dekat markas besar tentara di Khartoum.

Para pengunjuk rasa menginginkan agar militer memberikan jalan bagi pemerintahan sipil baru Sudan.

Sementara itu, Asosiasi Profesional Sudan yang memimpin unjuk rasa nasional menyebut mundurnya Awad sebagai kemenangan rakyat.

Kelompok itu juga memimpin aksi protes menyerukan agar panglima militer baru Sudan menyerahkan kekuasaan dewan militer kepada pemerintah sipil.

"Jika ini tidak terjadi kami akan terus melakukan aksi duduk di  markas militer dan di kota-kota lain," demikian pernyataan asosiasi itu.

Unjuk rasa menentang 30 tahun kekuasaan Omar al-Bashir pertama kali pecah pada Desember tahun lalu yang dipicu kenaikan tiga kali lipat harga roti di negeri miskin itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baru Sehari Menjabat, Panglima Militer Sudan Mengundurkan Diri"

Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved