Pilpres 2019

Hasil Tangkap Percakapan PoliticaWave, Netizen Seputar Jokowi-Prabowo, Presentase Sentimen

Pasangan Nomor Urut 01 Jokowi-Maruf lebih unggul dibanding Pasangan Nomor Urut 02 Prabowo-Sandi dalam percakapan netizen di sosial media.

Jokowi Prabowo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pasangan Nomor Urut 01 Jokowi-Maruf lebih unggul dibanding Pasangan Nomor Urut 02 Prabowo-Sandi dalam percakapan netizen di sosial media.

Kesimpulan itu terungkap dari rilis lembaga survei PoliticaWave yang merilis hasil pantauan percakapan netizen di media sosial seputar Pilpres 2019 pada 5-11 April lalu.

"Tercatat terdapat 4.558.212 percakapan yang dilakukan 434.753 netizen terkait kedua pasangan capres dan cawapres," begitu bunyi rilis yang diterima Tribunnews.com, Sabtu (13/4/2019).

Berangkat dari perbandingan hare of netizen atau jumlah netizen, diperoleh hasil Jokowi-Ma’ruf unggul sebesar 57,9% dibandingkan Prabowo-Sandiaga sebesar 42,1%.

Unggulnya pasangan Jokowi-Ma’ruf ini juga diikuti dengan dominasi sentimen positif sebesar 96% dengan sentimen negatif sebesar 4%.

Pasangan ini mendapat banyak sentimen positif dari netizen berasal dari kegiatan kampanye di beberapa daerah, bukti dan prestasi kinerja Jokowi selama menjadi Presiden.

Baca: Rocky Gerung Dimohon Jaga Prabowo, Saya Bukan Ustaz Abdul Somad, Dia Kopassus

Kemudian antusiasme persiapan kampanye penutup bertajuk “Konser Putih Bersatu” hingga momen kebersamaan Jokowi dengan cucunya. Sentimen

Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh persentase sentimen positif sebesar 88% dan sentimen negatif sebesar 12%.

Sentimen positif terhadap pasangan ini dipicu oleh kegiatannya berkampanye di beberapa daerah, tagar-tagar dukungan yang
diamplifikasi secara masif oleh para pendukungnya dan momen kegiatan kampanye akbar di GBK.

Setiap percakapan terkait pasangan Capres dan Cawapres di media-media tersebut di-capture, dikelompokkan dan dianalisa oleh platform PoliticaWave.

Semua BOT dan akun-akun spammer juga difilter dalam proses ini sehingga percakapan yang dihitung hanya yang berasal dari netizen asli.

Baca: Nilai Janji Jokowi Tidak Terwujud, Tidak Terlaksana, Dahlan Iskan Berpaling Dukung Prabowo

Baca: Bawaslu Turunkan Ribuan Pengawas TPS, Umbola: Sedetik Pun Jangan Tingglkan TPS

Tautan: http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/04/13/politicawave-tangkap-percakapan-netizen-seputar-jokowi-prabowo-ini-hasilnya.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved