Pilpres 2019

Hasil Survei Median, Elektabilitas Jokowi-Amin & Prabowo-Sandiaga Selisih 1 Digit Saja

Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merilis survei terbaru menjelang Pemilihan presiden 17 April 2019

Hasil Survei Median, Elektabilitas Jokowi-Amin & Prabowo-Sandiaga Selisih 1 Digit Saja
Tribun Jabar
Pasangan Calon Presiden Jokowi dan Prabowo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merilis survei terbaru menjelang Pemilihan presiden 17 April 2019.

Survei tersebut menemukan makin tipisnya jarak elektabiltas dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga, yamg hanya berselisih 7,7 persen.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengatakan, beberapa hari menjelang pencoblosan, kompetisi politik kian ketat.

Hal itu menurutnya terlihat dari makin menipisnya selisih elektabilas kedua pasang kandidat.

"Dari hasil survei, pasangan Joko Widodo-Maruf Amin masih memimpin dengan perolehan 47,2 persen dan pasangan Prabowo-Sandi 39,5 persen, dengan 13,3 persen yang masih belum menentukan pilihan atau termasuk undecided voters," katanya, Sabtu (14/4/2019).

Baca: SEDANG BERLANGSUNG - Live Streaming Kampanye Akbar Jokowi-Maruf di GBK, Tonton 2 Link Via Ponsel 

Temuan itu menurut Rico, menandakan masih terbuka peluang bagi petahana atau penantang untuk memenangkan pilpres 2019, bila mampu meraup sebanyak-banyaknya undecided voters.

"Bila suara undecided terkonsolidasi atau tersebar secara merata secara proporsional kepada kedua pasangan kandidat, maka petahana dipastikan akan menang. Namun jika suara undecided terkonsolidasi kepada penantang, maka penantang berpeluang besar akan menang,"terangnya.

Oleh karena makin ketatnya kompetisi, maka menurutnya kedua kandidat dan tim sukses harus makin bekerja keras demi memenangkan kontestasi 17 April 2019 yang tinggal menghitung hari.

Baca: Rocky Gerung Dimohon Jaga Prabowo, Saya Bukan Ustaz Abdul Somad, Dia Kopassus

Survei ini diselenggarakan pada 31 Maret- 7 April 2019. Jumlah sampel dalam survei adalah 1.500 penduduk yang telah memiliki hak pilih di 34 Provinsi.

Mereka dipilih secara random dengan teknik Multistage Random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,6 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Quality Control dilakukan terhadap 20% dari sampel yang ada. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

Baca: Massa Militan PDIP di Manado Joget di Tengah Cuaca Hujan, Olly Dodokambey Bagi-bagi Payung

Tautan: http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/04/13/survei-median-jarak-elektabilitas-kedua-kandidat-tinggal-satu-digit.

Editor: Frandi Piring
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved