11.744 WNI di Belanda Mulai Mencoblos Hari Ini di Bawah Suhu 2 Derajat Celsius

WNI yang belum terdaftar sebagai DPT maupun DPTb tetap dapat memberikan hak suaranya satu jam sebelum penutupan TPSLN

11.744 WNI di Belanda Mulai Mencoblos Hari Ini di Bawah Suhu 2 Derajat Celsius
VIVA/ANHAR RIZKI AFFANDI
Ilustrasi pemilihan umum (pemilu). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, DEN HAAG - Hari ini, Sabtu (13/4/2019), sekitar 11.744 warga negara Indonesia (WNI) di Belanda mulai memberikan suara mereka untuk pemilihan umum.

Panitia Pemilihan Luar Negeri ( PPLN) di Den Haag menyebutkan, ada lima lokasi tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) dan dua TPS Pos yang disediakan bagi WNI di Belanda.

Berdasarkan rilis laporan persiapan pemilu luar negeri di Den Haag, yang diterima Kompas.com, ada dua cara yang bisa dilakukan WNI di luar negeri untuk menggunakan hak pilihnya.

Cara pertama yakni dengan datang langsung ke TPSLN saat hari pencoblosan, sementara cara kedua bisa dengan mengirimkan surat suara ke TPS Pos sebelum tanggal 17 April 2019 agar dapat dihitung pada hari penghitungan suara.

"Apabila surat suara bari tiba setelah tanggal 17 April 2019, maka surat suara tidak dapat diperhitungkan kembali," ujar Ketua PPLN Den Haag, Moeljo Wijono, melalui pernyataan tertulis.

Ribuan WNI di Belanda itu sudah berada di lokasi pencoblosan sejak pagi hari, meski cuaca saat itu sedang sangat dingin, mencapai 2 derajat celcius. Sebanyak 9.700 calon pemilih diharapkan untuk harus langsung ke TPSLN Den Haag, yang berlokasi di Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) di Rijksstraatweg, Wassenaar, Belanda.

Sedangkan sebanyak 2.044 WNI calon pemilih yang tercatat telah dikirimi surat suara karena berhalangan untuk hadir di TPSLN. PPLN Den Haag mencatat sebanyak 199 WNI tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) dan masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Selain itu, PPLN Den Haag mengindikasikan sebanyak 1.026 WNI akan masuk ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), yakni pemilik hak suara yang tidak terdaftar dalam DPTLN maupun DPTb.

"WNI yang belum terdaftar sebagai DPT maupun DPTb tetap dapat memberikan hak suaranya satu jam sebelum penutupan TPSLN, dengan ketentuan surat suara masih tersedia," ujar Wijono.

Klasifikasi DPK menurut ketentuan Pasal 23 PKPU No.12 tahun 2018 salah satu persyaratannya adalah para WNI calon pemilih yang berdomisili di luar Indonesia. Meski jadwal pemungutan suara lebih awal, namun ditegaskan PPLN Den Haag bahwa perhitungan surat suara akan dimulai bersamaan dengan hari penghitungan surat suara di Indonesia, yakni pada 17 April 2019.

Proses penghitungan surat suara akan berlokasi di KBRI Den Haag dan dilakukan PPLN Den Haag dengan disaksikan oleh Panwaslu Den Haag, perwakilan saksi dari partai politik, dan organisasi masyarakat Indonesia di Belanda.

Penetapan hari pemungutan suara di Belanda dipilih pada hari Sabtu, 13 April 2019 karena pertimbangan hari libur kerja dan sekolah atau kuliah WNI di Belanda, serta mempertimbangkan antusiasme WNI calon pemilih yang akan hadir di TPSLN. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Tengah Cuaca Dingin, 11.744 WNI di Belanda Mulai Mencoblos Hari Ini", https://internasional.kompas.com/read/2019/04/13/16412821/di-tengah-cuaca-dingin-11744-wni-di-belanda-mulai-mencoblos-hari-ini.

Editor: Charles Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved