Mufida Kagumi Kerajinan Batok Kelapa dan Kayu

, Dekranasda ‎kerja keras tingkatkan kemampuan sumber daya yang ada, untuk hasilkan produk kerajinan yang berdaya saing.

Mufida Kagumi Kerajinan Batok Kelapa dan Kayu
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Ketua umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ny Hj Mufida Jusuf Kalla memukul Tatengkoren disaksikan Ketua Dewan kerajinan nasional daerah (dekranasda) Sulut Ny Rita Maya Dondokambey, gubernur Sulut Olly Dondokambey, Peggy Enggartiasto Lukita ketua bidang pameran dan kerjasama luar negeri serta Ratna Sofyan Djalil ketua bidang pendanaan dan melakukan peninjauan ke stan milik dekranasda kabupaten kota se Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Ketua umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj Mufida Jusuf Kalla, tiba di lokasi pelaksanaan peresmian pembukaan rapat kerja daerah (rakerda), dewan kerajinan Nasional Daerah Provinsi Sulut dan Dialog dengan ketua umum Dekranas, di Graha Gubernur Bumi Beringin Manado, Kamis (11/4/2019)‎.

Sekitar pukul 15.35 wita, rombongan Dekranas dibawah pimpinan ibu wapres‎ Hj Mufidah Jusuf Kalla ikut hadir pengurus pusat Ibu Peggy Enggartiasto Lukita ketua bidang pameran dan kerjasama luar negeri serta Ratna Sofyan Djalil ketua bidang pendanaan.

"Ada kerajinan yang kami liHat yaitu batok kelapa yang dibuat untuk tempat tisue dan lainya, sangat bagus dan bersih. Juga kayu untuk tempat tisue bagus sekali dan rapih," sanjung Ibu Mufidah Jusuf Kalla terhadap hasil kreasi Sulut.

‎Dalam sambutannya berharap, Dekranasda ‎kerja keras tingkatkan kemampuan sumber daya yang ada, untuk hasilkan produk kerajinan yang berdaya saing. Lakukan invonasi dan diversifikasi tren produk kerajinan karena saat ini perubahannya sangat cepat.

'kreatifitas dan inovasi, serta tetap pertahankan indentitas tradisional agar supaya identitas budaya tetap harmoni. Gali motif khas Sulut tingkatkan daya saing dan pertahankan warisan budaya dan kearifan lokal," pintanya.

Istri Wapres RI mengajak Dekranasda Sulut untuk menampilkan karya terbaik hasil baru dan inovasi saat pelaksanaan iven pameran Dekranasda pada bulan September 2019. Dan adanya ide-ide cemerlang dari Dekranasda Sulut yang dapat dijadikan contoh ke daerah lain, disampaikan pada pelaksanaan rapat kerja nasional (rakernas) Dekranasda Septmber nanti.

"Produk kerajinan binaan dapat berkembang dan lebih maju utuk tingkatkan taraf hidup pengrajin," tandasnya.

Ketua Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Sulut Ny Rita Maya Dondokambey Tamuntuan dalam sambutannya menjelaskan, pelaksanaan Rakerda Dekranasda Sulut dan dialog dengan Dekranas untuk sinkronisasi program kegiatan provinsi dan kabupaten kota, untuk mendorong pengembangan industri menengah kerajinan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan pengrajin.

"Selain itu berimplikasi pada penguatan perekonomian daerah, regional dan Nasional," kata Rita.

Pada kegiatan itu Dekranasda Sulut mendapat informasi tentang program Dekranas lewat dialog dengan ketua umum serta merumuskan program Dekranasda Sulut tahun 2020.‎

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan selamat datang mengatakan, pemerintah provinsi berkomitmen bersama untuk menjaga eksistensi serta peran Dekranasda dalam pembangunan daerah bangsa dan negara.

"Letak geografis Sulut berada di bibir pasific, sangat perfektif untuk perdagangan regional dan Internasional. Dengan dukungan ketua umum Dekranas, UMKM dan produk kreatif di Sulut sangat bervariasi sesuai adat dan suku yang ada, seperti kain dan kerajinan tangan lainnya," urai Olly Dondokambey Gubernur Sulut.‎

Sulut tengah menggalakkan sektor pariwisata, kunjungan wisatawan ke Sulut dalam tahun ini dan tahun yang lalu sangat meningkat. Pemprov Sulut akan terus menargetkan mendatangkan wisatawan mancanegara setiap bulannya 15 ribu bisa tercapai.

"Jika itu terjadi program Dekranasda dalam mendorong UMKM di Sulut sangat di butuhkan masyarakat," tandas Olly.(crz)

Berita Populer: Pendukung Minta Prabowo dan Titiek Soeharto Rujuk Kembali, Ini Alasan Keduanya Bercerai

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved