Calon Legislatif yang Lapor Harta Kekayaan ke KPK Baru 66 Persen

Agus Rahardjo menyebut, calon legislatif (caleg) yang menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN) baru 66 persen.

Calon Legislatif yang Lapor Harta Kekayaan ke KPK Baru 66 Persen
TRIBUNNEWS
KPK - Pic Kantor KPK 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Agus Rahardjo menyebut, calon legislatif (caleg) yang menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN) baru 66 persen.

Jumlah ini tidak menunjukan angka yang baik, mengingat caleg punya kewajiban untuk menyerahkan LHKPN mereka sebagai syarat pelantikan.

"Saya berpesan supaya teman-teman di legislatif, karena monitoring sampai tadi jam 04.00 pagi belum menunjukkan kenaikan (laporan LHKPN) yang cukup baik. Legislatif tadi baru 66 persen (yang melapor)," kata Agus saat ditemui di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

Padahal, menurut Agus, LHKPN penting sebagai prinsip transparansi calon wakil rakyat.

LHKPN juga penting sebagai instrumen untuk memonitor harta kekayaan calon anggota legislatif yang kelak terpilih.

"Jadi kita tahu perkembangan dari harta mereka. Jadi kita nanti bisa memonitor, apakah mengumpulkan hartanya nanti ke depan wajar atau tidak," ujar Agus.

Agus meminta para caleg untuk mencontoh pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2019 dalam hal laporan harta kekayaan. Sebab, baik pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tercatat rutin melaporkan LHKPN.

Tercatat, Jokowi telah melaporkan LHKPN 8 kali, Ma'ruf Amin 2 kali, Prabowo 4 kali, dan Sandiaga 3 kali.

"Saya berharap ini akan menjadi contoh untuk calon pejabat publik yang lain baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif," kata Agus.

Sebelumnya, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menyebut, penyerahan LHKPN dilakukan paling lambat tujuh hari setelah penetapan hasil pemilu. Jika melebihi batas waktu, maka caleg terpilih dapat ditunda pelantikannya

Halaman
12
Editor: Rhendi Umar
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved