Terbukti Bertindak Asusila, DKPP Pecat Seorang Anggota KPU Yogyakarta

Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) memecat seorang anggota KPU Kota Yogyakarta karena terbukti bertindak asusila.

Terbukti Bertindak Asusila, DKPP Pecat Seorang Anggota KPU Yogyakarta
Kompas.com/Ericssen
Ilustrasi pencabulan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) memecat anggota KPU Kota Yogyakarta, RM Nufrianto Aris Munandar.

Dia terbukti melakukan tindak asusila terhadap anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK). Sanksi ini dijatuhkan dalam sidang DKPP pada Rabu (11/04/2019) kemarin.

Di dalam sidang RM Nufrianto Aris Munandar terbukti melanggar Pasal 6 ayat (3) huruf c dan huruf f juncto Pasal 12 huruf a dan b, juncto Pasal 15 huruf a dan d Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Nomor 2 tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan membenarkan DKPP telah menggelar sidang dan memberikan sanksi kepada anggota KPU Kota Yogyakarta, RM Nufrianto Aris Munandar.

"DKPP kemarin tanggal 10 April sudah membuat putusan, yang putusanya itu pemberhentian secara tetap salah satu komisioner KPU Kota Yogyakarta," ujar Hamdan, Kamis (11/04/2019).

Hamdan menjelaskan, awalnya penyintas melaporkan ke KPU Kota Yogyakarta pada Desember 2018.

KPU Kota Yogyakarta lantas menindaklanjutinya dengan mengirimkan surat laporan ke KPU DIY pada Januari 2019.

Setelah menerima surat laporan dari KPU Kota Yogyakarta, pihaknya melakukan klarifikasi dengan memanggil pihak-pihak terkait ke kantor KPU DIY.

Pada Bulan Februari 2019, KPU DIY menindaklanjuti dengan mengirimkan surat laporan ke DKPP. Keputusan mengirimkan surat ini karena ada dugaan pelanggaran kode etik.

"Ya, bukti-bukti hasil klarifikasi, rekaman, notulensi, pengakuan. Itu yang kita lampirkan dalam surat laporan," bebernya.

Halaman
12
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved